Buat SO

Maintain Sales Order – Buat SO

User dapat membuat Sales Order, dengan cara menekan tombol

seperti pada Gambar 86 – Maintain Sales Order. Fitur ini digunakan oleh Admin Unit, dengan cara melengkapi data pada field-field yang tersedia terutama field bertanda bintang agar user dapat melanjutkan proses pembuatan Sales Order.

untuk membatalkan pembuatan SO dan kembali ke menu utama Maintain SO. User dapat melihat tampilan seperti pada gambar berikut

Customer Individu

Penjelasan detil mengenai field-field terkait data customer individu dapat di lihat pada artikel berikut ini Customer Database 1A – Individu – Sales Order dan Customer Database 1A – Instansi – Sales Order

Sales Order Finish Unit

Customer Individu

Informasi Pembeli

Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data Pembeli tidak bisa diedit, mengikuti requirement eksisting DMS. Jika ada perubahan silahkan diedit di SPK

Gambar. Informasi Pembeli

Informasi Pemilik

Customer Pemilik adalah Informasi pelanggan sesuai dokumen STNK. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data Pemilik bisa diedit

Gambar. Informasi Pemilik

Informasi Leasing dan Debitur

Customer Debitur adalah Informasi pelanggan yg ditagihkan oleh 3rd Party Leasing & Insurance. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data- data ini wajib diisi ketika sumber dana credit.

Gambar. Informasi Leasing dan Debitur

Informasi Pengguna

ustomer Pengguna adalah Informasi pelanggan yg menggunakan kendaraan sehari-hari (bukan supir). Khusus pengguna hanya ada individu, tidak ada instansi. Data ini tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. Apabila Sales ingin mengisi data pengguna (yang awalnya blank kemudian diisi) maka silahkan diisi secara setidaknya nama dan HP/NIK agar dikenali sebagai data customer di DMS. Jika salah satu fields tidak diisi maka tidak akan disimpan sebagai customer oleh DMS sehingga data di next proses akan blank.

Gambar. Informasi Pengguna

Informasi Unit Yang akan dibeli

Gambar. Informasi unit yang dibeli

Informasi Asuransi

Gambar. Inforrmasi Asuransi

Rincian Harga

Gambar. Rincian Harga Unit yang dibeli

Informasi Mediator

Gambar. Informasi Mediator

Informasi Dokumen Pendukung

Gambar. Informasi Dokumen Pendukung

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

Customer Instansi

Informasi Pembeli

Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data Pembeli tidak bisa diedit, mengikuti requirement eksisting DMS. Jika ada perubahan silahkan diedit di SPK

Gambar. Informasi Pembeli

Informasi Pemilik

Customer Pemilik adalah Informasi pelanggan sesuai dokumen STNK. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data Pemilik bisa diedit

Gambar. Informasi Pemilik

Informasi Penanggung Jawab

Gambar. Informasi Penanggung Jawab

Informasi Leasing dan Debitur

Customer Debitur adalah Informasi pelanggan yg ditagihkan oleh 3rd Party Leasing & Insurance. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data- data ini wajib diisi ketika sumber dana credit.

Gambar. Informasi Leasing dan Debitur

Informasi Pengguna

ustomer Pengguna adalah Informasi pelanggan yg menggunakan kendaraan sehari-hari (bukan supir). Khusus pengguna hanya ada individu, tidak ada instansi. Data ini tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. Apabila Sales ingin mengisi data pengguna (yang awalnya blank kemudian diisi) maka silahkan diisi secara setidaknya nama dan HP/NIK agar dikenali sebagai data customer di DMS. Jika salah satu fields tidak diisi maka tidak akan disimpan sebagai customer oleh DMS sehingga data di next proses akan blank.

Gambar. Informasi Pengguna

Informasi Unit Yang akan dibeli

Bagian ini berisi informasi unit yang dibeli.

Gambar. Informasi unit yang dibeli

Informasi Asuransi

Data ini seluruhnya tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. 

Gambar. Inforrmasi Asuransi

Rincian Harga

Bagian ini berisi informasi rincian harga dari unit yang dibeli.

Gambar. Rincian Harga Unit yang dibeli

Informasi Mediator

Bagian ini berisi informasi Mediator, jika terdapat Mediator.

Gambar. Informasi Mediator

Informasi Dokumen Pendukung

Gambar. Informasi Dokumen Pendukung

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

SO OPD dan Purna Jual

Untuk SO OPD dan SO Purnajual memiliki struktur field data customer yang sama, maka penggunaanya akan dijelaskan dalam 1 pembahasan yang sama.

Customer Individu

Informasi Pembeli

Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi.

Gambar Informasi Pembeli

Informasi Jasa Pengurusan Dokumen

Tab ini berisi order jasa pengurusan dokumen beserta nominal jasa pengurusannya.

Gambar 88 – Tambah SO OPD- Jasa Pengurusan Dokumen

Informasi Dokumen

Tab ini berisi dokumen pendukung yang sudah diberikan oleh customer.

Gambar 89 – Tambah SO – Dokumen Pendukung

Informasi Aksesoris/Karoseri

Tab ini berisi informasi aksesoris/karoseri yang diorder terpisah dari pembelian unit.

Gambar 90 – Tambah SO Purna Jual- Aksesoris

Info Pengiriman

tab ini berisi informasi alamat pengiriman barang.

Gambar 91 – Tambah SO – Info Pengiriman

Informasi Rincian Harga

Tab ini berisi rincian harga dari jasa /aksesoris/karoseri yang sudah dipesan, dan metode pembayarannya.

Gambar 92 – Tambah SO – Rincian Harga

Setelah selesai, User dapat melanjutkan dengan menekan tombol  

untuk menyimpan data SO atau menekan tombol

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.