Berikut menu Maintain SPK yang dapat diakses melalui Sales -> SPK -> Maintain SPK. Menu ini digunakan untuk melihat informasi SPK yang sudah pernah diinput dan diproses di DMS. Menu ini juga dapat digunakan untuk proses Pengembalian SPK Batal dan Penerimaan Surat Kehilangan yang digunakan untuk syarat proses SPK yang hilang. Berikut tampilan menu Maintain SPK yang ada pada Gambar 6 – Maintain SPK.

Gambar 6 – Maintain SPK
Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari tombol yang ada pada tampilan Maintain SPK :

Tombol ini berfungsi untuk me-refresh halaman.

Drop-down Nama Sales, berfungsi untuk mencari data SPK pada tampilan Maintain SPK yang berkaitan dengan 1 nama salesman.

Drop-down Status SPK, berfungsi untuk mencari data SPK pada tampilan Maintain SPK sesuai dengan status SPK (ex : Didistribusikan, Hilang, Draft, dsb).

Drop-down Tanggal SPK, berfungsi untuk mencari data SPK pada tampilan Maintain SPK berdasarkan “Dimulai Dari Tanggal“ atau tanggal awal.

Drop-down Tanggal SPK, berfungsi untuk mencari data SPK pada tampilan Maintain SPK berdasarkan “Sampai Batas Akhir“ atau tanggal akhir.

Tombol Search, berfungsi untuk memulai pencarian data pada tampilan Maintain SPK.

Tombol Lihat, berfungsi untuk melihat detail data pada tampilan Maintain SPK.

Tombol Pengembalian SPK Batal, berfungsi untuk meminta persetujuan batalnya pembelian unit kendaraan. ADH tidak mempunyai akses untuk memilih tombol ini.

Tombol Penerimaan Surat Kehilangan, berfungsi untuk meminta persetujuan hilangnya dokumen SPK. ADH tidak mempunyai akses untuk memilih tombol ini.
LIHAT DETAIL SPK
User dapat melihat data menggunakan fitur Lihat Detail pada menu Maintain SPK. Fitur Ini dapat digunakan dengan menekan tombol

Informasi Pembeli
Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi.
Customer Individu



Penjelasan detil terkait field-field informasi customer individu dapat merujuk pada artikel berikut ini Customer Database 1A-Individu – SPK
Customer Instansi


Penjelasan detil mengenai field-field customer instansi dapat merujuk pada artikel berikut ini
Customer Database 1A – Instansi – SPK
Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:
1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
• Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
• Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.
Informasi Pemilik
Customer Individu


Penjelasan detil terkait field-field informasi customer individu dapat merujuk pada artikel berikut ini Customer Database 1A-Individu – SPK
Customer Instansi

Penjelasan detil mengenai field-field customer instansi dapat merujuk pada artikel berikut ini
Customer Database 1A – Instansi – SPK
Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:
1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
• Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
• Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.
Informasi Leasing dan Debitur
Customer Debitur adalah Informasi pelanggan yg ditagihkan oleh 3rd Party Leasing & Insurance. Bisa berupa individu ataupun instansi
Customer Individu



Penjelasan detil terkait field-field informasi customer individu dapat merujuk pada artikel berikut ini Customer Database 1A-Individu – SPK
Customer Instansi


Penjelasan detil mengenai field-field customer instansi dapat merujuk pada artikel berikut ini
Customer Database 1A – Instansi – SPK
Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:
1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
• Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
• Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.
Informasi Penanggung Jawab
Berisi informasi detil penanggung jawab atas pembelian unit untuk customer Instansi

Informasi Pengguna
Customer Pengguna adalah Informasi pelanggan yg menggunakan kendaraan sehari-hari (bukan supir). Khusus pengguna hanya ada individu, tidak ada instansi. Data ini tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. Apabila Sales ingin mengisi data pengguna (yang awalnya blank kemudian diisi) maka silahkan diisi secara setidaknya nama dan HP/NIK agar dikenali sebagai data customer di DMS. Jika salah satu fields tidak diisi maka tidak akan disimpan sebagai customer oleh DMS sehingga data di next proses akan kosong.


Informasi Pengiriman
Tab ini berisi informasi tujuan dan waktu pengiriman unit.

Informasi Unit Yang Akan dibeli
Tab ini berisi informasi model, tipe,warna, kategori plat nomor, jumlah unit yang dibeli dan nomor rangka.

Informasi Rincian Harga
Tab ini berisi rincian harga unit dan komponen-komponennya.

Informasi Aksesoris
Tab ini berisi informasi pembelian aksesoris yang dibeli bersamaan dengan unit.

Informasi Karoseri
Tab ini berisi informasi pembelian karoseri yang dibeli bersamaan dengan pembelian unit.

Rincian Harga
Tab ini berisi rincian harga pembelian unit dan pendukungnya, seperti aksesoris, karoseri, dan lain sebagainya.


Informasi Asuransi
Informasi asuransi ini tidak wajib diisi. Jika customer memiliki referensi asuransi, silahkan diinput pada bagian ini.

Gambar Informasi Asuransi
Informasi Dokumen
Bagian ini berisi informasi dokumen pendukung yang telah diberikan customer.
