Maintain SPK

Maintain SPK

Berikut menu Maintain SPKyang dapat diakses melalui Sales -> SPK -> Maintain SPK. Menu ini dapat diakses oleh Admin Unit yang berisi informasi SPK yang sudah didistribusikan ke Salesman. User dapat melihat tampilan seperti pada Gambar 18 – Maintain SPK.

Gambar 18 – Maintain SPK

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi yang ada pada tampilanMaintain SPK:

Field ini digunakan untuk memilih nama sales yang akan digunakan sebagai filter pencarian data.
Field ini digunakan untuk menentukan status SPK yang akan digunakan sebagai filter pencarian data.
Field ini digunakan untuk menentukan range tanggal pembuatan SPK
Tombol ini digunakan untuk mencari data.
Tombol ini digunakan untuk melihat data detail.
Digunakan untuk menerima dokumen SPK batal.
Digunakan untuk menerima SPK yang hilang.

LIHAT DETAIL SPK

User dapat melihat data menggunakan fitur Lihat Detail pada menu Maintain SPK. Fitur Ini dapat digunakan dengan menekan tombol

Tampilan detail data informasi dapat dilihat seperti pada gambar berikut

Penjelasan detil terkait field-field informasi customer individu dapat merujuk pada artikel berikut ini Customer Database 1A-Individu – SPK

Customer Individu

Informasi Pembeli

Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi.

Gambar 20. Informasi Pembeli

Informasi Pemilik

Customer Pemilik adalah Informasi pelanggan sesuai dokumen STNK. Bisa berupa individu ataupun instansi. 

Gambar 21. Informasi Pemilik

Informasi Pengiriman

Tab ini berisi informasi tujuan dan waktu pengiriman unit.

Gambar 21 – Maintain SPK – Lihat Detail Info Pengiriman

Informasi Unit Yang Akan dibeli

Tab ini berisi informasi model, tipe,warna, kategori plat nomor, jumlah unit yang dibeli dan nomor rangka.

Gambar 22 – Maintain SPK – Lihat Detail Unit Yang Akan Dibeli

Informasi Rincian Harga

Tab ini berisi rincian harga unit dan komponen-komponennya.

Gambar 23 – Maintain SPK – Lihat Detail Rincian Harga

Informasi Aksesoris

Tab ini berisi informasi pembelian aksesoris yang dibeli bersamaan dengan unit.

Gambar 24 – Maintain SPK – Lihat Detail Aksesoris

Informasi Karoseri

Tab ini berisi informasi pembelian karoseri yang dibeli bersamaan dengan pembelian unit.

Gambar. Informasi Karoseri

Informasi Leasing dan Debitur

Customer Debitur adalah Informasi pelanggan yg ditagihkan oleh 3rd Party Leasing & Insurance. Bisa berupa individu ataupun instansi

Gambar 25. Informasi Leasing dan Debitur

Informasi Pengguna

Customer Pengguna adalah Informasi pelanggan yg menggunakan kendaraan sehari-hari (bukan supir). Khusus pengguna hanya ada individu, tidak ada instansi. Data ini tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. Apabila Sales ingin mengisi data pengguna (yang awalnya blank kemudian diisi) maka silahkan diisi secara setidaknya nama dan HP/NIK agar dikenali sebagai data customer di DMS. Jika salah satu fields tidak diisi maka tidak akan disimpan sebagai customer oleh DMS sehingga data di next proses akan kosong.

Gambar 26. Informasi Pengguna

Informasi Asuransi

Data ini seluruhnya tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. 

Gambar 91. Informasi Asuransi

Rincian Harga

Tab ini berisi rincian harga pembelian unit dan pendukungnya, seperti aksesoris, karoseri, dan lain sebagainya.

Gambar. Rincian Harga.

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

Customer Instansi

Penjelasan detil mengenai field-field customer instansi dapat merujuk pada artikel berikut ini

Customer Database 1A – Instansi – SPK

Informasi Pembeli

Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi.

Gambar. Informasi Pembeli

Informasi Pemilik

Customer Pemilik adalah Informasi pelanggan sesuai dokumen STNK. Bisa berupa individu ataupun instansi. 

Gambar. Informasi Pemilik

Informasi Penanggung Jawab

Gambar. Informasi Penanggung Jawab

Informasi Asuransi

Informasi asuransi ini tidak wajib diisi. Jika customer memiliki referensi asuransi, silahkan diinput pada bagian ini.

Gambar Informasi Asuransi

Informasi Pengguna

Customer Pengguna adalah Informasi pelanggan yg menggunakan kendaraan sehari-hari (bukan supir). Khusus pengguna hanya ada individu, tidak ada instansi. Data ini tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. Apabila Sales ingin mengisi data pengguna (yang awalnya blank kemudian diisi) maka silahkan diisi secara setidaknya nama dan HP/NIK agar dikenali sebagai data customer di DMS. Jika salah satu fields tidak diisi maka tidak akan disimpan sebagai customer oleh DMS sehingga data di next proses akan kosong.

Gambar Informasi Pengguna

Informasi Dokumen

Bagian ini berisi informasi dokumen pendukung yang telah diberikan customer.

Gambar 36 – Detail SPK (Dokumen Pelanggan)

Informasi Pengiriman

Bagian ini berisi informasi pengiriman unit.

Gambar 37 – Detail SPK (Info Pengiriman)

Informasi Unit yang akan dibeli

Bagian ini berisi informasi unit yang akan dibeli customer.

Gambar 38 – Unit Yang Akan Dibeli

Informasi Aksesoris/ Karoseri

Pada bagian ini berisi informasi aksesoris/karoseri yang dibeli bersamaan dengan unit

Gambar 39 – Detail SPK (Aksesoris)

Rincian Harga

Tab ini berisi rincian harga pembelian unit dan pendukungnya, seperti aksesoris, karoseri, dan lain sebagainya.

Gambar. Rincian Harga.

Informasi Leasing dan Debitur

Customer Debitur adalah Informasi pelanggan yg ditagihkan oleh 3rd Party Leasing & Insurance. Bisa berupa individu ataupun instansi

Gambar. Informasi Leasing dan Debitur

Informasi Asuransi

Informasi asuransi ini tidak wajib diisi. Jika customer memiliki referensi asuransi, silahkan diinput pada bagian ini.

Gambar. Informasi Asuransi

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

Improvement Customer Consent (View)

Berikut penjelasan untuk tampilan General Customer Consent :

  1. Penambahan Status Customer Consent dan Tidak Consent hanya bisa view tidak dapat merubah.
  2. Sumber File akan menampilkan opsi berdasarkan sudah ditahap mana dokumen dibuat, pada saat buat SPK akan muncul opsi Dokumen SPK, Capture WA dan lainnya
  3. Terdapat button view untuk menampilkan gambar / dokume yang di upload, namun hanya menampilakan type file Jpg & png
  4. Terdapat download file yang sudah diupload sebelumnya.
  5. Thickbox klausul declaration dealer sebagai mandatory bahwa user sudah menanyakan consent kepada customer

Semua UI akan muncul sama seperti ini, kecuali admin unit hanya bisa view dan download dokumen.