Daftar Draft SPK

Daftar Draft SPK

Berikut menu Daftar Draft SPK yang dapat diakses melalui Sales -> SPK -> Daftar Draft SPK. Menu ini digunakan oleh Salesman untuk menampilkan daftar semua SPK yang yang dimiliki. Pada menu ini, Salesman dapat melihat detil informasi SPK, mengubah SPK, melihat progres approval diskon, dan melihat progress approval Off the road jika ada. User dapat melihat tampilan seperti pada Gambar 120 – List Daftar Draft SPK.

Gambar 120 – List Daftar Draft SPK

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari tombol yang ada pada tampilan Daftar Draft SPK :

Tombol Filter, digunakan untuk melakukan pencarian data secara spesifik

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman index data.

Tombol Action, digunakan untuk menampilkan pilihan action pada data.
Tombol Lihat Detail, digunakan untuk melihat detail SPK.

Tombol Ubah SPK, digunakan untuk mengubah SPK.

Tombol Approval Discount, digunakan untuk melihat status persetujuan diskon.

Tombol Approval Off the Road, digunakan untuk melihat status persetujuan transaksi penjualan Off the Road.

Lihat Detail

User dapat melihat data menggunakan fitur Lihat Detail pada menu Daftar Draft SPK. Fitur Ini dapat digunakan dengan menekan tombol  

pada Gambar 120 – List Daftar Draft SPK, lalu menekan tombol

Tampilan detil data informasi SPK dapat dilihat seperti pada gambar berikut

Dalam hal meningkatkan kualitas data customer maka user perlu memahami masing-masing field yang akan diinput.

Customer Individu

Untuk tipe customer Individu, silahkan merujuk pada artikel Customer Databasa 1A – Individu – SPK

a. Informasi Pembeli

Customer Pembeli adalah Informasi pelanggan yang tertera sebagai pemesan/pembeli di SPK. Bisa berupa individu ataupun instansi

Terdapat fields untuk menandakan jika No. HP tidak valid. Ketika mendapatkan info ini di DEC maka Salesman wajib:

1.Memperbarui No. HP

2.Mengubah menjadi valid

Untuk Field NPWP dan KTP/KITAS berlaku operasi sebagai berikut :

  • Jika dipilih WNI , maka kolom NPWP akan terisi nomor KTP/KITAS
  • Jika dipilih WNA, kolom No. KTP/KITAS menjadi No. KITAS, kolom NPWP non-mandatory dan default 0000000000000000
  • Jika Status Kewarganegaraan WNI, maka kolom NPWP akan terisi otomatis terinput No. KTP
  • Jika Status Kewarganegaraan WNA, maka kolom NPWP terisi default 0000000000000000

Field Catatan digunakan untuk mencatat informasi tambahan dari customer

Informasi Pemilik

Customer Pemilik adalah Informasi pelanggan sesuai dokumen STNK. Bisa berupa individu ataupun instansi.

Gambar. Informasi Pemilik

Terdapat fields untuk menandakan jika No. HP tidak valid. Ketika mendapatkan info ini di DEC maka Salesman wajib:

1.Memperbarui No. HP

2.Mengubah menjadi valid

Untuk Field NPWP dan KTP/KITAS berlaku operasi sebagai berikut :

  • Jika dipilih WNI , maka kolom NPWP akan terisi nomor KTP/KITAS
  • Jika dipilih WNA, kolom No. KTP/KITAS menjadi No. KITAS, kolom NPWP non-mandatory dan default 0000000000000000
  • Jika Status Kewarganegaraan WNI, maka kolom NPWP akan terisi otomatis terinput No. KTP
  • Jika Status Kewarganegaraan WNA, maka kolom NPWP terisi default 0000000000000000

Field Catatan digunakan untuk mencatat informasi tambahan dari customer.

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

Customer Instansi

Data standar untuk customer Instansi dapat merujuk pada artikel berikut ini

Customer Database 1A – Intansi-SPK

Informasi Pembeli

Informasi Pembeli berisi informasi orang yang namanya tercantum sebagai pembeli/pemesan yang ada di SPK.

Gambar. Informasi Pembeli

Terdapat fields untuk menandakan jika No. HP tidak valid. Ketika mendapatkan info ini di DEC maka Salesman wajib:

1.Memperbarui No. HP

2.Mengubah menjadi valid

Untuk Field NPWP dan KTP/KITAS berlaku operasi sebagai berikut :

  • Jika dipilih WNI , maka kolom NPWP akan terisi nomor KTP/KITAS
  • Jika dipilih WNA, kolom No. KTP/KITAS menjadi No. KITAS, kolom NPWP non-mandatory dan default 0000000000000000
  • Jika Status Kewarganegaraan WNI, maka kolom NPWP akan terisi otomatis terinput No. KTP
  • Jika Status Kewarganegaraan WNA, maka kolom NPWP terisi default 0000000000000000

Field Catatan digunakan untuk mencatat informasi tambahan dari customer.

Informasi Pemilik

Customer Pemilik adalah Informasi pelanggan sesuai dokumen STNK. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data Pemilik bisa diedit. 

Gambar. Informasi Pemilik

Terdapat fields untuk menandakan jika No. HP tidak valid. Ketika mendapatkan info ini di DEC maka Salesman wajib:

1.Memperbarui No. HP

2.Mengubah menjadi valid

Untuk Field NPWP dan KTP/KITAS berlaku operasi sebagai berikut :

  • Jika dipilih WNI , maka kolom NPWP akan terisi nomor KTP/KITAS
  • Jika dipilih WNA, kolom No. KTP/KITAS menjadi No. KITAS, kolom NPWP non-mandatory dan default 0000000000000000
  • Jika Status Kewarganegaraan WNI, maka kolom NPWP akan terisi otomatis terinput No. KTP
  • Jika Status Kewarganegaraan WNA, maka kolom NPWP terisi default 0000000000000000

Field Catatan digunakan untuk mencatat informasi tambahan dari customer.

Informasi Penanggung Jawab

Customer Penanggung Jawab adalah Informasi pelanggan yang menjadi penanggung jawab selama proses transaksi.

c. Dokumen pendukung

Gambar 40 – Input SPK – Dokumen

d. Informasi Pengiriman

bagian ini berisi informasi penerima saat unit dikirim ke customer.

Gambar 41 – Input SPK – Info Pengiriman

e. Informasi unit yang akan dibeli

bagian ini berisi informasi unit yang akan dibeli.

Gambar 42 – Input SPK – Unit yang Akan Dibeli

e. informasi aksesoris

bagian ini berisi informasi aksesoris yang dibeli bersamaan unit.

Gambar 43 – Input SPK – Aksesoris

f. informasi Karoseri

Bagian ini berisi informasi karoseri yang akan dibeli bersamaan dengan unit,

Gambar 44 – Input SPK – Karoseri

g. Informasi Leasing dan Debitur

Customer Debitur adalah Informasi pelanggan yg ditagihkan oleh 3rd Party Leasing & Insurance. Bisa berupa individu ataupun instansi. Data- data ini wajib diisi ketika sumber dana credit

Gambar 45 – Input SPK – Info Leasing

h. Informasi Asuransi

Terdapat fitur tambahan untuk kebutuhan Update Asuransi Kendaraan setelah lakukan Billing oleh Admin Unit yang akan dijelaskan setiap item.

Data ini seluruhnya tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. 

Gambar 46 – Input SPK – Info Asuransi

I. Rincian Harga

Gambar 47 – Input SPK – Rincian Harga

Saat salesman mengisi nominal Komisi Mediator, sistem akan menampilkan peringatan seperti gambar dibawah ini :

bahwa salesman wajib mengisi Info Mediator terutama bagian nama dan nomor KTP mediator.

Gambar 48 – Input SPK – Info Mediator

Informasi Pengguna

Customer Pengguna adalah Informasi pelanggan yg menggunakan kendaraan sehari-hari (bukan supir). Khusus pengguna hanya ada individu, tidak ada instansi. Data ini tidak mandatory, silahkan diisi apabila sudah bisa didapat. Jika belum bisa dikosongkan. Apabila Sales ingin mengisi data pengguna (yang awalnya blank kemudian diisi) maka silahkan diisi secara setidaknya nama dan HP/NIK agar dikenali sebagai data customer di DMS. Jika salah satu fields tidak diisi maka tidak akan disimpan sebagai customer oleh DMS sehingga data di next proses akan blank.

Gambar. Info Pemakai

Gambar. Info Pemakai

User dapat menekan tab

  untuk membuka / menutup informasi detail yang ada, tampilan dapat dilihat seperti pada Gambar 121 – Lihat Detail SPK. User dapat menekan  untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit

     Notifikasi ini akan muncul apabila:

   • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit

  • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit

   Notifikasi ini akan muncul apabila:

  • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit

  • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

Ubah Data

Berikut fitur untuk melakukan Ubah data SPK, fitur ini dapat digunakan dengan menekan tombol

 pada Gambar 120 – List Daftar Draft SPK, lalu menekan tombol

 oleh Salesman. User dapat melihat tampilan seperti pada Gambar 133 – Ubah Daftar Draft SPK.

Gambar 133 – Ubah Daftar Draft SPK

Pada saat User melakukan perubahan terkait nominal harga di SPK, seperti nominal pada field Booking Fee, field DP/TDP, field Diskon, field Diskon Subsidi Rate, dan sebagainya maka user wajib menekan kembali tombol

 untuk melakukan kalkulasi ulang.

User dapat mengubah data pada field-field yang diinginkan untuk dapat melanjutkan proses pembuatan SPK. Selanjutnya User dapat menekan tombol

 untuk mengajukan SPK yang sudah diubah, atau menekan tombol

 untuk membatalkan proses perubahan SPK dan kembali ke halaman sebelumnya.

Apabila User menekan tombol Aju SPK, maka system akan menampilkan halaman untuk meminta tanda tangan digital dari Pelanggan seperti pada tampilan Gambar 134 – Tanda Tangan. User dapat menekan tombol

 untuk menyimpan data SPK, atau User dapat menekan tombol

 untuk mengulang tanda tangan dari Pelanggan, atau menekan tombol

 untuk membatalkan proses tanda tangan dan kembali ke halaman pembuatan SPK.

Gambar 134 – Tanda Tangan

Approval Discount

User dapat melihat progress approval diskon yang sedang diajukan pada menu Daftar Draft SPK. Fitur Ini dapat digunakan dengan menekan tombol

fitur ini dapat digunakan dengan menekan tombol  pada Gambar 120 – List Daftar Draft SPK, lalu menekan tombol

. User dapat melihat tampilan seperti pada Gambar 135 – Lihat Progress Approval Discount.

           Gambar 135 – Lihat Progress Approval Discount

Approval Off The Road

User dapat melihat progress approval transaksi Off the Road yang sedang diajukan pada menu Daftar Draft SPK. Fitur Ini dapat digunakan dengan menekan tombol  

pada Gambar 120 – List Daftar Draft SPK, lalu menekan tombol

User dapat melihat tampilan seperti pada Gambar 136 – Lihat Progress Approval Off the Road.

Gambar 136 – Lihat Progress Approval Off the Road

Tampilan daftar role yang akan mengajukan transaksi Off the Road, saat ini membutuhkan approval dari role OM dan COO yang ada di dealer dan tidak dapat diubah.

Improvement Customer Consent

Berikut penjelasan untuk tampilan General Customer Consent :

  1. Penambahan Status Customer Consent dan Tidak Consent
  2. Button Tambah akan menambahkan grid dokumen consent, max 4 Grid data per satu kategori customer.
  3. Template Doc. Tidak Consent akan aktif jika memilih tidak consent
  4. Sumber File akan menampilkan opsi berdasarkan sudah ditahap mana dokumen dibuat, pada saat buat SPK akan muncul opsi Dokumen SPK, Capture WA dan lainnya
  5. Terdapat button view untuk menampilkan gambar / dokume yang di upload, namun hanya menampilakan type file Jpg & png.
  6. Terdapat capture by Camera , jika device tidak ada camera maka akan muncul Camera not found.
  7. Terdapat opsi upload by internal device dengan maksimal file 2,5 mb.
  8. Terdapat download file yang sudah diupload sebelumnya.
  9. Button Delele untuk menghapus grid dokumen consent
  10. Thickbox klausul declaration dealer sebagai mandatory bahwa user sudah menanyakan consent kepada customer

Semua UI akan muncul sama seperti ini, kecuali admin unit hanya bisa view dan download dokumen.

Improvement Customer Consent (View)

Berikut penjelasan untuk tampilan General Customer Consent :

  1. Penambahan Status Customer Consent dan Tidak Consent hanya bisa view tidak dapat merubah.
  2. Sumber File akan menampilkan opsi berdasarkan sudah ditahap mana dokumen dibuat, pada saat buat SPK akan muncul opsi Dokumen SPK, Capture WA dan lainnya
  3. Terdapat button view untuk menampilkan gambar / dokume yang di upload, namun hanya menampilakan type file Jpg & png
  4. Terdapat download file yang sudah diupload sebelumnya.
  5. Thickbox klausul declaration dealer sebagai mandatory bahwa user sudah menanyakan consent kepada customer

Semua UI akan muncul sama seperti ini, kecuali admin unit hanya bisa view dan download dokumen.

Improvement Customer Consent (Cetakan Tidak Consent)

Penjelasan Cetakan untuk Customer tidak Consent :

  1. Cetakan ini akan tampil dari user klik tombol “Template Doc. Tidak Consent”
  2. Cetakan ini dapat diupload untuk menjadi dasar dokumen pendukung customer tidak consent.
  3. Kalimat yang terdapat pada template tidak consent dapat diubah pada master klausul dengan tipe tidak consent