Menu ini digunakan oleh kepala bengkel BP untuk melihat status Work Order (WO) list Body & Paint (BP) dan untuk melakukan approval pengurangan DP, print service history, diskon, pengurangan job, dan cancel WO. Menu ini dapat diakses melalui. Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Reception -> WO List (BP).

1.1.1. Approval untuk pengurangan DP
Ketika WO yang ditampilkan dipilih approval untuk pengurangan DP, maka akan muncul pilihan filter selanjutnya yaitu No.Polisi, No.WO atau tanggal. Input data sesuai filter yang dipilih, lalu klik tombol Search.



Untuk melakukan approval klik salah satu WO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save seperti berikut:


1.1.2. Approval untuk print service history
Ketika WO yang ditampilkan dipilih approval untuk print service history, maka akan muncul list WO yang butuh approval untuk print service history. Untuk melakukan approval klik salah satu WO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save.

1.1.3. Approval untuk diskon
Ketika WO yang ditampilkan dipilih approval untuk diskon, maka akan muncul pilihan filter selanjutnya Tipe Approval Diskon. Pilih Tipe Approval Diskon. Terdapat 2 pilihan Tipe Approval Diskon yaitu Data Jobs dan Data Materials, lalu klik tombol Search. Untuk melakukan approval klik salah satu WO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save.



1.1.4. Approval untuk pengurangan job
Ketika WO yang ditampilkan dipilih approval untuk pengurangan job, maka akan muncul list WO yang butuh approval untuk untuk pengurangan job. Untuk melakukan approval klik salah satu WO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save.



1.1.5. Approve Untuk Cancel WO
Ketika WO yang ditampilkan dipilih approval untuk cancel WO, maka akan muncul list WO yang butuh approval untuk untuk cancel WO. Untuk melakukan approval klik salah satu WO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save.


1.2. Follow Up Appointment BP
Menu Follow Up Appointment digunakan oleh Kepala bengkel BP untuk melihat appointment service BP. Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Appointment Service -> Follow Up Appointment. Tampilan dari Follow Up Appointment dapat dilihat pada Gambar – Follow Up Appointment.

Keterangan Gambar:

Tombol TAB digunakan untuk melihat Today Appointment Board.

Tombol Search digunakan untuk mencari data appointment berdasarkan filter yang dipilih.

Tombol Lihat digunakan untuk melihat detail appointment yang telah dibuat.

Tombol Konfirmasi digunakan untuk melakukan konfirmasi appointment yang telah dibuat.

Tombol Batal digunakan untuk membatalkan appointment yang telah dibuat.

Tombol Edit digunakan untuk melakukan perubahan data appointment.

Tombol Print digunakan untuk mencetak appointment.
Klik pada tombol TAB maka akan muncul tampilan seperti Gambar – TAB.

Setelah melakukan klik pada tombol edit, maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 761 – Edit Appointment. Ubah data yang ingin diubah lalu klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan appointment atau klik tombol Kembali untuk membatalkan dan kembali ke layar sebelumnya.

Setelah melakukan klik pada tombol Print WO, maka akan muncul tampilan seperti Gambar – Cetakan Appointment.

1.3. Billing
Menu ini digunakan oleh kepala bengkel BP untuk melihat list billing dan melakukan approval batal billing dan approval reprint billing. Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Delivery -> Billing.

Berikut cara penggunaan menu billing :
- Pilih filter pada kolom data WO yang ditampilkan, terdapat 2 pilihan, Daftar WO yang sudah dibilling atau List Data Reprint Billing.

2. Setelah itu pilih filter tanggal dan input range tanggal awal – tanggal akhir, lalu klik tombol Search.


3. Klik tombol batal billing

pada kolom action untuk batal billing.
4. Klik tombol cetak nota

pada kolom action untuk mencetak nota.

Keterangan Gambar:

Tombol Search digunakan untuk mencari data / menampilkan data.
Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:
1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
• Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
• Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.
1.4. Warranty
Menu Warranty digunakan oleh kepala bengkel BP untuk mengecek status dan melihat detail warranty. Informasi warranty yang ada didalam screen detail warranty tidak dapat diedit. Kepala Bengkel juga bisa melakukan approval atas WO yang melakukan claim warranty. Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Warranty.

Berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa tombol atau field yang terdapat pada halaman awal Warranty :

Digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan field yang telah diinputkan.

Digunakan untuk melihat detail dari warranty.
Untuk menampilkan data list dari Warranty, dapat dilakukan dengan cara berikut.
- Input No. WO untuk menampilkan data lebih spesifik berdasarkan No. WO.
- Pilih Status Approval.
- Tentukan tanggal awal dan akhir.
- Pilih Tipe Warranty.
- Klik Search untuk melakukan pencarian.
Selanjutnya data pada list akan muncul sesuai dengan pencarian yang dilakukan. Untuk melihat detail dari Warranty, Kepala bengkel dapat menekan tombol Detail. Berikut ini merupakan tampilan dari Detail Warranty.

Untuk melakukan approval klik salah satu WO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save.


1.5. List To Do
Pada menu List To Do Kepala Bengkel bisa melihat list semua parts atau material yang sedang proses pengerjaan oleh partman. Halaman ini akan mengalami refresh secara otomatis setiap 30 detik sekali.

Kepala Bengkel dapat melakukan pencarian data berdasarkan kategori berikut:

Menu dropdown ini digunakan untuk memilih kategori.

Menu dropdown ini digunakan untuk memilih kolom/field.

Field ini digunakan untuk menginput keyword pencarian.

Tombol ini digunakan untuk mengosongkan filter pencarian.

Tombol ini digunakan untuk menampilkan hasil pencarian.
1.6. Status Stock
Menu ini digunakan oleh SA untuk melihat ketersediaan Qty Stock untuk material tertentu pada saat itu. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Stock Info -> Status Stock. Fitur status stock seperti pada Gambar– Status Stock.

Keterangan Gambar:

Tombol Panel Filter, digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan panel search pada menu.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Material Request.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk menghapus filter pada kolom yang tersedia dan telah terisi.

Tombol Search, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kategori pada kolom yang tersedia.

Tombol List Approval, digunakan untuk masuk pada tampilan Daftar Approval Alokasi Stok.

Digunakan untuk melakukan pencarian status stock berdasarkan “No.Material*”.

Digunakan untuk melakukan pencarian status stock berdasarkan “Nama Material*”.
Pilih tombol List Approval untuk masuk pada tampilan Daftar Approval Alokasi Stok, pilih salah satu data yang terdapat pada indeks lalu pilih tombol sesuai dengan aksi yang diinginkan, jika user ingin ingin melakukan approval pada data yang dipilih maka user dapat memilih data yang dimaksud kemudian memilih tombol Approve, jika user ingin melakukan reject pada data yang dimaksud maka user dapat langsung memilih data lalu memilih tombol Reject, apabila user ingin membatalkan proses dan menutup pop up daftar approval alokasi stock user dapat memilih tombol Kembali.

Gambar – Status Stock GR - Daftar Approval Alokasi Stok
1.7. Parts Claim
Tampilan Gambar – Parts Claim ini bisa diakses melalui Parts -> Claim ->Parts Claim. Fitur ini di lihat oleh Kepala Bengkel untuk dokumen pengajuan Parts Claim kepada TAM SPLD jika ada kasus barang yang diterima tidak sesuai dengan yang diorder, ataupun dikarenakan ada kerusakan pada material parts yang diterima.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Parts Claim:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Parts Claim.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Parts Claim

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol + Tambah, digunakan untuk masuk kedalam tampilan Tambah Parts Claim Baru.
Penjelasan lebih detail terhadap menu Status Stock ada di modul Partsman, Petugas Bahan, dan Petugas Parts Counter.
1.8. RPP
Tampilan Gambar – RPPini bisa diakses melalui Parts -> Claim -> RPP. Fitur ini digunakan oleh Kepala Bengkel untuk mengajukan request pengembalian Parts kepada TAM SPLD jika ada kasus PO SOP atas pelanggan Appointment dibatalkan karena Pelanggan tidak jadi datang ke bengkel.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan RPP:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks RPP.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks RPP.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.
Penjelasan lebih detail terhadap menu Status Stock ada di modul Partsman, Petugas Bahan, dan Petugas Parts Counter.
1.9. Stock Opname
Tampilan Gambar – Stock Opname – Input Hasil.Menu ini digunakan oleh Kepala Bengkel (BP) untuk menginput hasil dari stock opname yang sudah dilakukan. Menu ini dapat diakses melalui Parts – Stock Opname – Stock Opname – input hasil.

Keterangan Gambar:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Disposal.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks diposal.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Combo box Tipe Lokasi, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan kategori tipe lokasi Diluar Blocked Stock atau Blocked Stock.

Tombol Calendar, digunakan untuk menampilkan kalender kemudian dipilih tanggal yang sesuai untuk menampilkan data.

Combo box SCC, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan kategori status yang tersedia diantaranya adalah overhaul item, body item, accessories item, CBU non TAM, Discontinues item, dan Karoseri.

Combo box ICC, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan kategori status yang tersedia diantaranya adalah A1 – FAST MOVING, B2 – MEDIUM MOVING, C – SLOW MOVING, E – NON MOVING.

Textbox No. Stock Opname, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan No. Stock Opname tertentu.
Penjelasan lebih detail terhadap menu Status Stock ada di modul Stock Opname.
1.10. Stock Opname – Input Hasil
Menu ini digunakan oleh Kepala Bengkel (BP) untuk menginput hasil dari stock opname yang sudah dilakukan. Menu ini dapat diakses melalui Parts – Stock Opname – Stock Opname-input hasil.

Keterangan Gambar:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Disposal.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks diposal.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Combo box Tipe Lokasi, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan kategori tipe lokasi Diluar Blocked Stock atau Blocked Stock.

Tombol Calendar, digunakan untuk menampilkan kalender kemudian dipilih tanggal yang sesuai untuk menampilkan data.

Combo box SCC, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan kategori status yang tersedia diantaranya adalah overhaul item, body item, accessories item, CBU non TAM, Discontinues item, dan Karoseri.

Combo box ICC, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan kategori status yang tersedia diantaranya adalah A1 – FAST MOVING, B2 – MEDIUM MOVING, C – SLOW MOVING, E – NON MOVING.

Textbox No. Stock Opname, digunakan untuk menampillkan data berdasarkan No. Stock Opname tertentu.
1.11. Direct Parts Sales
1.11.1. Sales Order
Menu ini digunakan oleh Kepala Bengkel untuk melihat penjualan parts langsung diluar proses servis bengkel dan Kepala Bengkel bisa melakukan approval untuk sales order. Menu Sales Order ini dianggap juga sebagai Delivery Order, dimana Sales Order ini yang akan menjadi referensi untuk mengeluarkan parts atau Goods Issue dan juga sebagai referensi untuk membuat Sales Billling dan Pembayaran. Jadi tidak ada proses pembuatan Delivery Order. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Direct Parts Sales -> Sales Order. Jika ingin melakukan pencarian data maka bisa dilakukan pada kriteria pencarian. Pencarian data sales order bisa berdasarkan Status, Tanggal Sales Order, No. Sales Order, No. PO, Bengkel, dan Customer. Jika sudah mengisi field filter kemudian klik tombol Search.

Pada Search Sales Order menampilkan detail sales order meliputi data No. Sales Order, Tanggal Sales Order, Referensi Sales Order, No. PO, Bengkel, Customer, dan Status. Berikut penjelasan yang lebih lanjut mengenai fungsi dari tombol yang ada pada Search Sales Order:

Tombol Batal digunakan untuk membatalkan orderan yang telah diposting.

Tombol Lihat digunakan untuk melihat detail dari orderan.

Tombol Ubah digunakan untuk mengubah data yang telah diposting sebelumnya.
Untuk Penjelasan lebih detail ada di Modul Petugas Part Counter BP.
Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:
1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
• Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
• Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.
1.11.2. Sales Billing
Menu ini digunakan oleh kepala bengkel untuk melihat list billing berdasarkan transaksi Sales Order dan melakukan approval untuk sales billing. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Direct Parts Sales -> Sales Billing.

Berikut cara penggunaan menu Sales Billing :
- Pilih data sales order yang ditampilkan
- Input range tanggal sales order
- Input No.Sales Order jika mengetahui Nomornya.
- Input bengkelnya jika mengetahui nama bengkelnya.
- Input Nama pelanggan
- Klik tombol search untuk melakukan pencarian
- Klik tombol hapus filter untuk menghapus filter pencarian

Untuk melihat detail sales billing bisa dengan klik action Lihat. Semua detail data sales billing akan muncul meliputi data No. Sales Order, Tanggal Sales Order, Customer Code, Nama Customer, No. Sales Billing, Tanggal Sales Billing, Status Sales Billing, Nama Material, Diskon, dan Harga.

Untuk melakukan approval klik salah satu SO yang ingin diapprove kemudian klik Bulk Action pilih Setuju. Setelah klik setuju akan muncul pop up untuk input alasan approval kemudian klik Save.

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:
1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
• Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit
Notifikasi ini akan muncul apabila:
• NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
• Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.
1.12. Procurement Planning
1.12.1. MIP Maintenance
Menu MIP Maintenance digunakan untuk melihat hasil perhitungan MIP (Maximum Inventory Position) dari tiap-tiap material. Perhitungan MIP ini diperlukan sebagai awal untuk menghitung nilai SOQ (Suggestion Order Quantity), perhitungan MIP akan dilakukan otomatis oleh system sesuai schedule yang bisa di-konfigurasi (setiap hari, seminggu sekali atau sebulan sekali). Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Procurement Planning -> MIP Maintenance. Tampilan dari MIP Maintenance dapat dilihat pada Gambar – MIP Maintenance.

Berikut penjelasan yang lebih lanjut mengenai fungsi dari tombol yang ada pada menu MIP Maintenance:

Tombol Hapus Filter digunakan untuk menghapus No. Parts dan Nama Parts.

Tombol Search digunakan untuk mencari data parts berdasarkan filter yang dipilih.

Tombol Simpan Draft digunakan untuk menyimpan draft data MIP Maintenance.

Tombol Simpan digunakan untuk menyimpan MIP Maintenance.
1.12.2. SOQ Maintenance
Menu SQQ Maintenance digunakan untuk melihat hasil perhitungan SOQ. Hasil dari perhitungan SOQ ini juga bisa di-adjust oleh partsman sesuai kebutuhan. Nilai SOQ ini akan digunakan sebagai Qty yang akan dibuatkan Purchase Order kepada TAM SPLD. Hasil Adjustment SOQ ini tidak membutuhkan approval dari kepala bengkel. Yang akan dihitung SOQ adalah yang Tipe Material = Parts dan yang Stocking Policy = Stock.Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Procurement Planning -> SQQ Maintenance. Tampilan dari SQQ Maintenance dapat dilihat pada Gambar – SQQ Maintenance.

Berikut penjelasan yang lebih lanjut mengenai fungsi dari tombol yang ada pada menu SQQ Maintenance:

Tombol Hapus Filter digunakan untuk menghapus No. Parts dan Nama Parts.

Tombol Search digunakan untuk mencari data parts berdasarkan filter yang dipilih.

Tombol Buat PO digunakan untuk membuat Purchase Order.

Tombol Simpan digunakan untuk menyimpan Data.

Tombol Simpan Draft digunakan untuk membuat sebuah Draft.
1.13. Inquiry
1.13.1. Parts Inquiry
Menu ini digunakan oleh kepala bengkel untuk melihat inquiry data informasi detail part beserta ketersedian stock pada TAM SPLD (TPOS). Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Purchase Order. Untuk menampilkan data yang tersedia pada indeks user terlebih dahulu menginputkan data pada kolom yang tersedia sesuai dengan kriteria data yang akan ditampilkan kemudian pilih tombol Search maka data yang dicari akan muncul pada indeks Parts Inquiry.

Dengan mengisi filed nomor parts kemudian klik tombol Search, maka akan menampilkan informasi data No. Part, Nama Part, Substitusi, Harga Retail, Measurement, dan Stop Penjualan.
1.13.2. Order Status Inquiry
Tampilan di bawah ini bisa diakses melalui Parts -> Inquiry -> Order Status Inquiry. Fitur ini digunakan oleh partsman untuk inquiry data informasi PO yang sudah dibuat dan dikirimkan ke TAM SPLD (TPOS).

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Order Status Inquiry:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Order Status Inquiry.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Order Status Inquiry.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Datepicker Tanggal PO, digunakan melakukan pencarian data berdasarkan tanggal PO.

Dropdown Tipe Order, digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan tipe order yang tersedia.

Textbox No.PO, digunakan untuk menampilkan data berdasarkan No.PO yang diinput.

Tombol No.Part, digunakan untuk menampilkan data berdasarkan No.Part yang diinput.
Untuk menampilkan data yang tersedia pada indeks user terlebih dahulu menginputkan data pada kolom yang tersedia sesuai dengan kriteria data yang akan ditampilkan kemudian pilih tombol Search maka data yang dicari akan muncul pada indeks Order Status Inquiry.
1.13.3. ETD & ETA Inquiry
menu ETD & ETA Inquiry melalui Parts -> Inquiry -> ETD & ETA Inquiry . Menu ini digunakan oleh partsman untuk inquiry data informasi detail ETD dan ETA PO yang sudah dibuat ke TAM SPLD (TPOS). User bisa melakukan Filter ‘Berdasarkan Order’, atau ‘Berdasarkan No. Part’, atau ‘Berdasarkan Tanggal ETD’.


Tombol ini digunakan untuk mengosongkan inputan pada filter.

Tombol ini digunakan untuk membuat TO. Jika perusahaan berbeda dari perusahaan bengkel, maka system akan memunculkan pop up alert bahwa TO hanya untuk perusahaan yang sama dengan bengkel.

Tombol ini digunakan untuk membuat PO. Jika perusahaan sama dengan perusahaan bengkel, maka akan muncul pop up alert bahwa PO hanya untuk perusahaan yang berbeda.

Icon ini digunakan untuk memunculpkan panel pencarian.

Icon ini digunakan untuk melakukan refresh halaman.

Icon ini digunakan untuk menampilkan hasil pencarian.
1.13.4. Packing List Inquiry
Tampilan Packing List Inquiry ini bisa diakses melalui Parts -> Inquiry -> Packing List Inquiry. Fitur ini digunakan untuk oleh partsman inquiry data shipping yang pernah dikirimkan oleh TAM SPLD (TPOS) ke bengkel.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Packing List Inquiry:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Packing List Inquiry.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Packing List Inquiry.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.
Untuk menampilkan data yang tersedia pada indeks user terlebih dahulu menginputkan data pada kolom yang tersedia sesuai dengan kriteria data yang akan ditampilkan kemudian pilih tombol Search maka data yang dicari akan muncul pada indeks Gambar – Indeks Packing List Inquir.
1.13.5. Claim Inquiry
Tampilan Claim Inquiry ini bisa diakses melalui Parts -> Inquiry -> Claim Inquiry. Fitur ini digunakan oleh partsman untuk inquiry data informasi Claim yang pernah diajukan kepada TAM SPLD (TPOS), baik Parts Claim dan RPP.

Gambar – Claim Inquiry.
Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Claim Inquiry:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Claim Inquiry.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Claim Inquiry.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Datepicker Tanggal Claim, digunakan melakukan pencarian data berdasarkan tanggal Claim.

Dropdown Tipe Claim, digunakan melakukan pencarian data berdasarkan tanggal Claim.
Untuk menampilkan data yang tersedia pada indeks user terlebih dahulu menginputkan data pada kolom yang tersedia sesuai dengan kriteria data yang akan ditampilkan.
1.14. Master Request
Menu ini digunakan oleh Partsman atau Petugas Gudang Bahan sebagai informasi terkait semua Material Request dari area Appointment, Reception dan Sales Order. Jadi ketika data Appointment, Reception dan Sales Order sudah disimpan, maka akan langsung generate juga data Material Request berdasarkan material- material yang tercantum pada transaksi tersebut. Jadi Partsman atau Petugas Gudang Bahan bisa melihat request apa saja yang harus dipenuhi oleh petugas. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Material Request.
Ketika buka menu ini, maka default datanya kosong. User bisa melakukan pencarian pada kriteria pencarian.

Pada Material Request menampilkan detail informasi request meliputi data Tipe Material, No. Material, Referensi MR, No. Referensi, No. Polisi, Tanggal MR, dan Status.Berikut penjelasan yang lebih lanjut mengenai fungsi dari tombol yang ada pada Material Request:

Tombol Lihat digunakan untuk melihat detail data material request.

Tombol Ubah digunakan untuk mengubah data.
Untuk Material yang sudah direquest, Partsman atau Petugas Gudang Bahan bisa melakukan adjustment seperti berikut :
- Bahan :
- Menambah item material diluar yang di-request.
- Edit Qty Request, baik menambah qty atau mengurangi qty.
- Edit nomor material yang di-request sebelumnya.
- Menghapus material yang di-request sebelumnya.
Semua adjustment diatas tidak membutuhkan approval dari SA / Petugas Appointment / Petugas Sales Order.
- Parts :
- Menambah item material diluar yang di-request (Butuh Approval).
- Edit Qty Request, yaitu menambah qty (Butuh Approval).
- Edit nomor material yang di-request sebelumnya (Tidak Butuh Approval).
- Edit Qty Request, yaitu mengurangi qty (Tidak Butuh Approval).
Jika menambah item material atau menambah qty, maka system akan mengirimkan notifikasi ke SA / Petugas Appointment / Petugas Parts Counter, dimana diperlukan proses Approval. Setelah SA / Petugas Appointment / Petugas Parts Counter melakukan approval, maka partsman baru bisa melakukan Goods Issue.
1.15. Pre Picking
Tampilan Pre-Picking ini bisa diakses melalui Parts -> Pre-Picking. Fitur ini digunakan oleh Partsman atau Petugas Gudang Bahan untuk melakukan proses penyiapan material yang akan digunakan oleh customer booking / appointment pada saat kedatangan ke bengkel. Penyiapan material tersebut adalah memindahkan material dari rak material ke rak khusus / rak pre-picking tanpa melakukan proses reserved stok. Pre-Picking ini biasanya dilakukan pada saat H-1 sebelum kedatangan customer booking ke bengkel dengan maksud agar pada saat hari H, partsman tidak perlu sibuk menyiapkan material dan hanya perlu langsung menyerahkan kepada Teknisi.

Gambar 362 - Pre-Picking.
Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Pre-Picking:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Pre-Picking

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Pre-Picking.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol Cetak Pre-Picking List, digunakan untuk menyetak data pre-picking yang terdapat pada list di indeks.

Tombol Selesai Pre-Picking, digunakan ini digunakan untuk melihat daftar material yang akan diinputkan proses pre-picking untuk setiap Appointment. Isi material yang muncul hanya data appointment dan material yang statusnya = ‘Menunggu Pre-Picking’ & ‘Partial Pre-Picking’. Ukuran kertas cetakan adalah LETTER.
1.16. Goods Issue
Tampilan Goods Issues ini bisa diakses melalui Parts -> Goods Issues. Fitur ini digunakan oleh Partsman atau Petugas Gudang Bahan untuk melakukan pengeluaran barang dari Gudang berdasarkan request dari area Reception (WO), Sales Order, Transfer Order dan Parts Return kepada vendor.

Gambar 364 - Goods Issues
Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Goods Issues:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Goods Issues.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Goods Issues.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol +Buat, digunakan untuk masuk kedalam tampilan buat GI Baru seperti pada Gambar 1 – Buat GI Baru.
Untuk menampilkan data yang tersedia pada indeks user terlebih dahulu menginputkan data pada kolom yang tersedia sesuai dengan kriteria data yang akan ditampilkan kemudian pilih tombol Search maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 364 – Goods Issues.
1.17. Purchase Order
Tampilan Gambar 1 – Purchase Order ini bisa diakses melalui Parts -> Purchase Order. Fitur ini digunakan oleh petugas partsman atau petugas gudang bahan untuk membuat order pembelian material ke vendor.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Purchase Order:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Purchase Order.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Purchase Order.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol +Buat, digunakan untuk masuk kedalam tampilan buat PO Baru seperti pada Gambar 375 – Buat PO Baru.
1.18. PO Maintenance
Tampilan Gambar 1 – PO Maintenance ini bisa diakses melalui Parts -> PO Maintenance. Fitur ini digunakan oleh partsman atau petugas gudang bahan untuk memantau atau memonitoring status dari semua PO yang sudah pernah dibuat. Mulai dari Status ETA, status pengiriman material ke bengkel (Goods Receipt) dan Invoice. Pada PO ini, juga bisa dilakukan action Close PO dan Cancel PO, tetapi berdasarkan syarat dan kondisi tertentu.

Untuk menampilkan data yang tersedia pada indeks user terlebih dahulu menginputkan data pada kolom yang tersedia sesuai dengan kriteria data yang akan ditampilkan kemudian pilih tombol Search maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 378 – Indeks PO Maintenance.
1.19. Goods Receipt
Tampilan Goods Receipt ini bisa diakses melalui Parts -> Goods Receipt. Fitur ini ini digunakan oleh partsman atau petugas gudang bahan untuk melakukan penerimaan material dari luar kedalam stok bengkel. Goods Receipt ini mempunyai referensi dari PO TAM, PO NON-TAM, PO SUBLET, Transfer Order.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Indeks Goods Receipt:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Goods Receipt.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks Goods Receipt.

Tombol +Buat, digunakan untuk masuk kedalam tampilan buat GR Baru.
1.20. Disposal
Tampilan Disposal ini bisa diakses melalui Parts -> Disposal. Fitur ini digunakan oleh partsman jika ingin melakukan pembuangan / penghangusan terhadap material dikarenakan kasus material rusak atau scrap.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Disposal:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Disposal.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks diposal.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol +Tambah, digunakan untuk masuk kedalam tampilan Tambah Disposalseperti pada Gambar 1 – Tambah Disposal..
1.21. Stock Adjustment
Tampilan Stock Adjustment ini bisa diakses melalui Parts -> Stock Adjustment. Fitur ini digunakan oleh partsman atau petugas gudang bahan untuk melakukan adjustment pada nilai stock diluar periode Stock Opname. Jadi Stock Adjustment ini bisa dilakukan sewaktu-waktu tanpa harus menunggu proses Stock Opname.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Stock Adjustment:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks stock adjustment.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks stock adjustment.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol +Tambah, digunakan untuk masuk kedalam tampilan Tambah Dokumen seperti pada Gambar 394 – Tambah Dokumen.
1.22. Transfer Order
Tampilan Transfer Order ini bisa diakses melalui Parts -> Transfer Order. Fitur ini digunakan oleh Partsman untuk request kebutuhan parts kepada bengkel lain yang mempunyai PT yang sama dengan bengkel internal.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi dari button yang ada pada Tampilan Transfer Order:

Tombol Search, digunakan untuk menampilkan data yang sudah di filter pada indeks Disposal.

Tombol Panel Search, digunakan untuk menampilkan ataupun menyembunyikan search panel.

Tombol Refresh, digunakan untuk menyegarkan halaman indeks diposal.

Tombol Hapus Filter, digunakan untuk mengosongkan kolom isian kategori filter.

Tombol +Tambah, digunakan untuk masuk kedalam tampilan Tambah transfer orderseperti pada Gambar 396 – Transfer Order.
1.23. Dead Stock Maintain
Menu Dead Stock Maintain digunakan untuk mendaftarkan parts dead stock ataupun yang dianggap akan menjadi dead stock pada bengkel yang bersangkutan. Juga mencantumkan nilai Diskon yang ditawarkan atas parts yang bersangkutan. Ketika sudah mendaftarkan dan di-approved oleh kepala bengkel, maka informasi parts tersebut akan ter-published informasinya dan bisa dilihat oleh bengkel- bengkel lain, baik yang mempunyai PT yang sama ataupun berbeda. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Dead Stock Maintain.
Register data parts Dead Stock Maintain bisa dilakukan melalui 2 cara, yaitu :
- Suggestion by System secara scheduling: dilakukan periodic secara otomatis setiap tanggal 1 diawal bulan.
- Manual add satu persatu parts: bisa dilakukan kapan pun.

Pada Gambar 23 – Dead Stock Maintain terdapat beberapa kolom informasi detail dari masing- masing data meliputi data Tipe Dead Stock Maintain, No. Dead Stock, Tanggal Pengajuan DS, Masa Berlaku, Status, dan Action.
Keterangan Gambar:

Tombol Tambah digunakan untuk menambahkan data dead stock maintain. Apabila ditekan maka akan masuk ke halaman tambah data dead stock maintain.

Tombol Search digunakan untuk mencari data dead stock maintain yang telah ditambahkan sebelumnya.

Tombol Hapus Filter digunakan untuk menghapus filter yang telah dipakai sebelumnya.
Partsman bisa melakukan pencarian data dead stock maintain yang telah ditambahkan sebelumnya dengan mengisi field pencarian kemudian menggunakan tombol Search. Pencarian data dead stock maintain bisa berdasarkan Tipe Dead Stock Maintain, Status, Tanggal Pengajuan DS, dan No. DS.

Keterangan Gambar:

Tombol Lihat digunakan untuk menampilkan detail data dead stock maintain yang telah disimpan.

Tombol Ubah digunakan untuk mengubah detail data dead stock maintain yang telah disimpan.
1.23.1. Tambah Dead Stock Maintain
Setelah menekan tombol Tambah, maka tampilan akan berpindah ke halaman tambah dead stock maintain. Tampilan Tambah Dead Stock Maintain dapat dilihat pada Tambah Dead Stock Maintain. Pada tampilan ini terdapat beberapa field yang harus diisi oleh Partsman meliputi Tipe Dead Stock Maintain, Masa Berlaku Dari, Masa Berlaku Sampai, Notes, dan Cari Detail Material. Setelah field- field yang dibutuhkan sudah diisi kemudian klik Simpan.


Keterangan Gambar:

Tombol Batal digunakan untuk membatalkan data yang akan disimpan.

Tombol Simpan digunakan untuk menyimpan data yang telah diisi.
1.23.2. Lihat Dead Stock Maintain
Jika Partsman hanya ingin melihat detail dari Dead Stock Maintain, maka bisa dilihat dengan action Lihat dimana semua field disable. Partsman hanya bisa melakukan action Mencetak.

1.23.3. Ubah Dead Stock Maintain
Partsman bisa melakukan action Ubah untuk menginput Qty yang ingin di publish, input nilai diskon yang ditawarkan, ataupun menghapus material yang dianggap tidak ingin di-publish datanya. Untuk material yang merupakan generate dari system (Flag Suggestion By System tercentang), maka kolom Nomor dan Nama Materialnya tidak bisa diedit.


Ketika action Ubah, maka hanya bisa mencetak dan melakukan pembatalan. Jika klik tombol Batal Dead Stock, maka akan muncul pop up dimana partsman harus memilih alasan pembatalan Dead Stock. Setelah Partsman mengisi alas an pembatalan kemudian klik OK.

1.24. CRM
Menu ini digunakan oleh Kepala Bengkel BP untuk melihat data informasi kendaraan dan data informasi pelanggan. Penjelasan cara penggunaan menu ini bisa d lihat di user manual menu CRM di halaman XXXX.
1.25. Finance Report
Menu ini digunakan oleh Kepala Bengkel BP untuk melihat dan mengunduh report summary pendapatan bengkel. Adapun report yang dapat diakses oleh Kepala Bengkel BP sebagai berikut:
- Income Statement [halaman XXX]
- Profit and Loss [halaman XXX]
Penjelasan mengenai cara penggunaan dan definisi report yang ada di menu ini bisa dilihat di user manual menu Finance Report di halaman XXXX.
1.26. Report After Sales
Menu ini digunakan oleh Kepala Bengkel BP untuk melihat dan mengunduh report baik report pencapaian kinerja maupun report summary service dan parts. Adapun report yang dapat diakses oleh Kepala Bengkel BP sebagai berikut:
- Customer In BP [halaman XXX]
- KPI Appointment BP [halaman XXX]
- Additional SPK [halaman XXX]
- Productivity [halaman XXX]
- SA Productivity BP [halaman XXX]
- KPI PSFU BP [halaman XXX]
- Penggunaan Material Bahan BP [halaman XXX]
- Lead Time BP [halaman XXX]
- Quality [halaman XXX]
- Workshop Combined Achievement Report BP [halaman XXX]
- KPI Service Unit by Model BP [halaman XXX]
- Wip Report BP [halaman XXX]
- Revenue BP [halaman XXX]
- KPI Laporan Bulanan Bengkel BP [halaman XXX]
- Parts Performance [halaman XXX]
- Parts Claim (BP) [halaman XXX]
- Parts Return [halaman XXX]
- Parts Sales [halaman XXX]
- Parts Stock Adjustment [halaman XXX]
- Parts Disposal [halaman XXX]
- Stock Report [halaman XXX]
- Stock Movement [halaman XXX]
- Stock Opname [halaman XXX]
- Inventory Position [halaman XXX]
Penjelasan mengenai cara penggunaan dan definisi report yang ada di menu ini bisa dilihat di user manual menu Report After Sales di halaman XXXX.