WO List (BP)

1.1.1. Parameter WO List

Keterangan Gambar :

Merupakan pilihan data WO berdasarkan data SA.

  • Data Default SA : akan menampilkan data WO untuk SA sesuai dengan user login
  • Data Semua SA : akan menampilkan data WO untuk seluruh SA yang ada.

Merupakan pilihan parameter tambahan untuk menampilkan data WO BP berdasarkan No. Polisi, No. WO, dan Rentang Tanggal.

Merupakan parameter rentang tanggal yang harus diisi jika memilih pencarian berdasarkan tanggal WO.

Merupakan kolom yang harus input jika akan dilakukan pencarian berdasarkan No. Polisi atau No. WO

Merupakan tombol yang dapat digunakan untuk memulai proses pencarian berdasarkan parameter yang sudah dinput sebelumnya. Klik tombol “Search”, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

1.1.2. Daftar WO BP

Gambar – Daftar WO List

Keterangan Gambar :

Daftar WO

Merupakan daftar WO yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar WO tersebut terdiri dari kolom sbb :

  • Tanggal : Tanggal WO
  • No. WO : Nomor Work Order / PKB
  • No. Polisi : No. Polisi kendaraan yang diservice
  • Customer : Nama Pelanggan (Pemilik kendaraan)
  • SA : Inisial SA (3 digit)

Status : Status dari WO tersebut dengan format [Status WO]-[Status GI]-[Status OPL]-[Status Billing]

1.1.3. View WO List

Tombol View WO digunakan untuk melihat detail WO yang telah dibuat (read only). Klik tombol tersebut maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Gambar – View WO List

Keterangan Gambar :

Short BriefBerisi informasi awal terkait data pelanggan dan kendaraan seperti nama pemilik, nama pengguna, model kendaraan, dan data referensi (field action da history PSFU).
Informasi UmumMerupakan area yang berisi data pelanggan dan kendaraan, informasi pengguna dan penanggungjawab.
Riwayat ServiceMerupakan area yang akan menampilkan history service kendaraan dari awal service sampai service terakhir.
WACMerupakan area yang akan menampilkan informasi hasil pengecekan WAC.
Order PekerjaanMerupakan area yang akan menampilkan informasi dari jenis pekerjaan yang dikerjakan dan material yang dibutuhkan.
OPLMerupakan area yang akan menampilkan informasi pekerjaan OPL sudah dikerjakan (jika ada).
SummaryMerupakan area yang akan menampilkan summary dari data WO yang sudah dikerjakan, mulai dari detail pekerjaan yang sudah dikerjakan sampai status delivery ke customer.

1.1.4. Short Bief

Pada tampilan Short Brief bisa dilihat data pemilik kendaraan seperti berikut:

Gambar – View WO Short Brief

Keterangan Gambar :

PemilikBerisi informasi data pelanggan.
On Time / LateMerupakan Waktu datang Pelanggan dan On Time merupakan list customer yang telah melakukan booking dan dinilai on time (bergantung dari setting parameter).
PenggunaMerupakan Nama Customer yang membawa mobil ke service center.
ModelMerupakan Model mobil Pelanggan yang akan di-service
AlamatMerupakan menampilkan data alamat pelanggan
Job SuggestMerupakan area yang akan menampilkan saran perbaikan yang sudah diinput sebelumnya.
Field ActionMerupakan Keterangan tentang field action yang terdata oleh kendaraan tersebut.
PSFUMenampilkan history Follow Up service sebelum nya.
CS SurveyKeterangan tentang CS Survey (pada saat dokumen ini dibuat fungsi ini belum diaktifkan)

1.1.5. Informasi Umum

Pada tampilan Informasi Umum bisa dilihat detail informasi pelanggang dan kendaraan seperti berikut:

Gambar – View WO Informasi Umum

Keterangan Gambar :

Toyota IDMerupakan Kode unik yang diberikan kepada Pelanggan.
Nama Institusi / Nama pelangganMerupakan Info data nama pelanggan atau pun Institusi yang ter data.
Nama PICMerupakan seseorang yang harus bertanggung jawab.
PIC HPMerupakan data no telepon PIC dari perusahaan.
SIUPSIUP adalah izin operasional yang diperuntukan bagi semua perusahaan atau badan yang melakukan kegiatan usahanya di bidang perdagangan
PIC EmailMerupakan data Email dari PIC tersebut.  
Alamat PelangganBerisi data alamat pelanggan dengan detail data lengkap.

Sehubungan dengan adanya fields NPWP pada menu ini, berikut adalah penjelasan notifikasi terkait NPWP:

  1. Notifikasi : NPWP harus terdiri 15 Digit Notifikasi ini akan muncul apabila:
    • NPWP yang diisi kurang dari 15 digit
    • Berlaku untuk tanggal transaksi (billing) sebelum tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku
  2. Notifikasi : NPWP harus terdiri 16 Digit Notifikasi ini akan muncul apabila:
    • NPWP yang diisi kurang dari 16 digit
    • Berlaku untuk transaksi (billing) setelah tanggal efektif NPWP 16 Digit berlaku

Belum ada informasi terbaru dari pemerintah kapan tanggal/timing efektif NPWP 16 digit berlaku, jika sudah ada informasi akan kami infokan lebih lanjut.

1.1.6. Riwayat Service

Pada tampilan Riwayat Service bisa dilihat data riwayat service kendaraan tersebut dalam kurun waktu tertentu seperti berikut:

Gambar – View WO Riwayat Service

Keterangan Gambar :

Untuk melihat tanggal awal riwayat Service.

Untuk melihat Setting tanggal akhir riwayat Service.

Merupakan pilihan data saat memilih riwayat service

  • GR : akan menampilkan data Riwayat service GR
  • BP : akan menampilkan data Riwayat service BP

Info riwayat service seperti Jenis service, KM , Job suggest dan detail man power saat pengerjaan seperti SA dan Teknisi

1.1.7. WAC

Pada tampilan WAC bisa dilihat detail dari hasil WAC yang sudah dilakukan oleh SA meliputi km terakhir, informasi fuel, dan kondisi mobil seperti berikut:

Gambar – View WO WAC

Keterangan Gambar:

KM (Kilo Meter)Menampilkan data KM (Kilo Meter) terakhir pada saat kendaraan service.
Money AmountJumlah uang tunai yang ada didalam kendaraan (jika ada).
FuelMenampilkan sisa bahan bakar dalam kendaraan saat melakukan WAC (Walk Arround Check).

Detail WAC

Menampilkan hasil detail pengecekan WAC meliputi bagian-bagian sebagai berikut :

  • Body
  • Kelistrikan
  • Interior
  • Exterior
  • Perlengkapan
  • Dokumen
  • Barang Pribadi

Keterangan Lainnya

1.1.8. Order Pekerjaan

Pada tampilan Order Pekerjaan bisa dilihat detail dari pekerjaan dan parts yang digunakan pada WO tersebut seperti berikut:

Gambar – Order Pekerjaan – Job List

1.1.8.1. Job List

Keterangan Gambar :

Payment

Merupakan area yang menampung infomasi pembayaran seperti :

  • Asuransi, untuk pilihan ini akan terdapat beberapa informasi tambahan :
    • Nama asuransi
    • No. SPK
    • OR (Own Risk)
    • Cash
PermintaanMerupakan area yang menampilkan informasi permintaan service dari customer.
KeluhanMerupakan area yang menampilkan keluhan yang telah di utarakan customer terkait kondisi kendaraannya.
Job ListMenampilkan informasi pekerjaan yang dilakukan disertai dengan rincian material yang digunakan.

1.1.8.2. Job Plan

Gambar – WO List – Job Plan

Keterangan Gambar :

Area Job Plan:

Menampilkan informasi waktu pengerjaan setiap stall BP untuk setiap pekerjaan yang ada pada WO tersebut. Lama pengerjaan setiap stall BP tersebut ditampilkan dalam satuan menit.

Total Lead Time:

Merupakan jumlah akumulasi dari seluruh waktu pengerjaan yang diperlukan untuk semua stall BP.

Merupakan tombol yang digunakan untuk menghitung jumlah waktu yang diperlukan dan akan disimpan dalam kolom “Total Lead Time”.

1.1.9. Order Pekerjaan Luar (OPL)

Pada tampilan OPl bisa dilihat detail OPL yang dikerjakan pada WO tersebut seperti

Gambar – View WO OPL

Keterangan Gambar :

Order Pekerjaan LuarMenampilkan Nama jasa pekerjaan dari Vendor internal atau pun external, Estimasi waktu pengerjaan , qty , No OPL , Harga dan Status OPL (Open – Progress – Complete).

1.1.10. Summary WO

Pada tampilan Summary bisa dilihat detail dari keseluruhan WO mulai dari job, parts, OPL, OPB, diskon, dan metode pembayaran seperti berikut:

Gambar – View WO Summary
Area InfoMenampilkan informasi No. Polisi dan No. WO.
Job SummaryMenampilkan informasi pekerjaan yang dilakukan dan detail material yang dibutuhkan.
Price SummaryMenampilkan ringkasan dari total harga service yang harus dibayar customer atau ditagihkan ke pihak ketiga (misalkan : asuransi).
Time SummaryMenampilkan ringkasan dari waktu pekerjaan yang diperlukan untuk setiap stall BP.

Informasi Tambahan:

Menampilkan informasi dari :

  • Status pembayaran [Cash / Insurance]
  • Status part bekas [Kembalikan / Tinggal]
  • Status Perbaikan Parts [Dengan kendaraan / Tidak dengan kendaraan]
  • Status Washing [Wash / No Wash]
  • Estimasi Delivery Time à Estimasi waktu penyerahan ke customer
  • Adjustment Delivery Time à Perubahan waktu penyerahan ke customer jika diperlukan.
  • Kategori Perbaikan
  • Kode Transaksi Pajak
    • Penyerahan dalam negeri oleh PKP
    • Penyerahan dalam negeri oleh bendaharawan (WAPU)
    • Penyerahan dalam negeri oleh BUMN (WAPU)
    • Penyerahan oleh PKP yang  mendapat fasilitas PPN tidak dipungut.

Penyerahan BKP/JKP yang menggunakan nilai-nilai sebagai dasar pengenaan pajak (DPP).

1.2. Repair Procer BP

Modul ini digunakan oleh Group Head BP, Teknisi Vendor, Teknisi BP maupun Foreman untuk melihat pekerjaan mereka pada hari itu. Group Head BP, Teknisi Vendor, Teknisi BP dan Foreman juga dapat melakukan pencarian WO berdasarkan nomor polisi ataupun nomor WO pada kolom pencarian. Terdapat 6 kategori berdasarkan kondisi pengerjaan kendaraan di produksi, yaitu menunggu pengerjaan, dalam pengerjaan, menunggu QC, proses QC, menunggu FI dan proses FI. Modul ini juga digunakan untuk mengakses screen clock on Group Head BP, Teknisi Vendor/ Teknisi BP/ Foreman.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales > Producton > Repair Process BP.

Gambar – Repair Process BP

Keterangan Gambar:

Memfilter pencarian berdasarkan Nama Group yang sudah dialokasikan PTM.

Memfilter pencarian berdasarkan No Polisi atau No WO

Posisi kendaraan di di-release WO tapi belum clock On Production..

Off.

Posisi kendaraan di clock On Production tapi belum quality control pada proses tertentu..

Ketika teknisi sudah memulai QC tapi belum Clock Off QC.

Posisi kendaraan sedang melakukan Final Inspection.

Legend bahwa kendaraan memiliki 3 status terkait dengan

Legend bahwa kendaraan memiliki 3 status terkait dengan proses pengerjaan, yaitu Problem(ketika di-pause dan dilakukan penginputan alasan ada masalah teknis di proses produksi)

Legend bahwa kendaraan memiliki 3 status terkait dengan proses pengerjaan, yaitu Normal(ketika tidak di-pause)

1.2.1. Job Instruction

Untuk masuk ke screen ini, Teknisi Vendor/ Teknisi menekan salah satu WO Chip yang berada di screen View WO List yang akan dikerjakan. Teknisi Vendor/ Teknisi kemudian dapat melakukan clock on dan clock off pada screen ini. Apabila ada job suggest dari pekerjaan sebelumnya, maka job suggest tersebut akan terlihat pada layar ini. Teknisi Vendor juga dapat melakukan pause pekerjaan apabila sebelumnya sudah memilih alasan pause.

Gambar – Job Instruction

Keterangan Gambar:

Info info terkait detail Stall

Teknisi dapat menekan tombol ini untuk memulai pengerjaan (Clock On)

Teknisi dapat menekan tombol ini untuk memulai pengerjaan (Clock On)

Teknisi dapat menekan tombol ini untuk selesai pekerjaan (Clock Off)

Pemilihan alasan untuk pause. Apabila teknisi memilih masalah teknis, maka akan mentriger alert untuk foreman mengirim problem finding di WO List Screen berupa warna merah.

Teknisi dapat menginput Job Suggest, serta menginput tanggal remindernya. Apabila tanggal reminder tidak diinput, maka tidak akan masuk ke modul MRS sebagai reminder.

1.3. Absensi Teknisi

Modul ini digunakan oleh Foreman untuk mengabsen teknisi tetap maupun oleh Group Head BP untuk teknisi vendor. Secara default, semua teknisi statusnya adalah hadir dan available kecuali teknisi yang sudah diplan cuti dan training. Foreman dapat melakukan uncheck apabila ada teknisi yang tidak hadir maupun tidak available pada hari itu. Foreman juga dapat mengedit jam datang dan jam pulang apabila ada teknisi yang tidak bisa hadir full day.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales > Production > Absensi Teknisi.

Gambar – Absensi Teknisi

Keterangan Gambar:

Merupakan filter tanggal yang akan digunakan sebagai parameter pencarian data absensi.

Merupakan tombol yang dapat digunakan untuk mulai pencarian data absensi berdasarkan parameter tanggal yang sudah dipilih. Klik tombol “Search” maka akan muncul tampilan sbb :

Kolom Hadir dan Availability pada defaultya akan selalu checked.

Jam Datang dan Jam Pulang terletak pada Master Manpower.

Field ini digunaka   Field Shift terdapat pada Master Manpower.

Field Shift terdapat pada Master Manpower.

Field Catatan adalah free text.

1.2.2. Lihat Absensi

Setelah user memilih tombol Lihat, maka akan muncul pop up attendance seperti pada Gambar – Absensi Teknisi – Lihat

Gambar – Absensi Teknisi – Lihat

Keterangan Gambar:

Data detail absensi tekni:

Merupakan detail data kehadiran teknisi setiap harinya. Secara default akan ditampilkan data kehadiran yang disesuaikan dengan data master jam kerja bengkel. Tampilan ini hanya bersifat “Read Only”, jadi hanya bisa dilihat tapi tidak bisa edit.

1.2.3. Ubah Absensi

Gambar – Absensi Teknisi – Edit

Keterangan Gambar:

Secara default kolom ini akan terisi dengan jumlah jam kerja bengkel. Update kolom tersebut jika akan melakukan proses perubahan (penambahan) jam kerja yang dikenakan terhadap teknisi tertentu.

Merupakan flag “Hadir” yang menginformasikan teknisi tersebut hadir di bengkel / tidak.

Merupakan flag “Availability” yang menginformasikan teknisi tersebut hadir di bengkel akan tetapi tidak memungkinkan menerima pekerjaan karena alasan tertentu.

Jam Awal

Merupakan jam kedatangan teknisi di bengkel. Secara default akan diambil dari data master jam kerja bengkel.

Jam Akhir

Merupakan jam selesai kerja teknisi di bengkel. Secara default akan diambil dari data master jam kerja bengkel.

Alasan

Merupakan kolom alasan yang dapat dipilih jika status absensi teknisi “Tidak Hadir” atau “Tidak Available”

Catatan

Merupakan kolom catatan yang dapat diisi jika status absensi teknisi “Tidak Hadir” atau “Tidak Available”

Merupakan tombol yang berfungsi untuk menyimpan hasil perubahan absensi untuk teknisi tersebut.

1.2.4. Absesni Teknisi – Cuti

User juga dapat melakukan penambahan data cuti dengan cara melakukan klik pada tombol kalender yang terdapat pada kolom action.

Keterangan Gambar:

Merupakan rentang tanggal cuti yang dapat diinput untuk menentukan periode cuti teknisi tersebut.

Merupakan tombol yang berfungsi untuk menyimpan hasil perubahan status cuti untuk teknisi tersebut.

Merupakan tombol yang berfungsi untuk membatalkan semua hasil perubahan status cuti teknisi dan kembali ke tampilan daftar absensi teknisi.

1.4. Boards

1.4.1. JPCB View BP

JPCB (Job Progress Control Board) view adalah board yang menunjukkan target dari masing masing proses. Board ini digunakan oleh group head dan para teknisi di group yang bersangkutan. Apabila TPS dan Light, maka board menampilkan target per hari. Apabila medium, maka board menampilkan target per minggu. Apabila heavy, maka board menampilkan target per dua minggu. Menu ini dapat diakses melalui After Sales > Boards > JPCB View.

Keterangan Gambar :

Merupakan informasi nomor polisi dan target pengerjaan mobil pelanggan.

Tab ini digunakan untuk memilih kategori kerusakan.

Tab ini digunakan untuk memilih group teknisi yang ada dalam dealer.

1.4.2. JSCB View BP

JSCB (Job Scheduling Control Board) view adalah board yang dapat melihat pengerjaan kendaraan dari dimulainya proses produksi sampai selesai final inspection. JSCB board terdiri dari 3 board yaitu board untuk kategori pekerjaan TPS/Light, board untuk kategori pekerjaan Medium, dan board untuk kategori pekerjaan Heavy. Masing-masing board menampilkan scheduling dari semua grup di kategori tersebut secara bergantian selama 30 detik sekali.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales à Boards à JSCB View.

Gambar – JSCB View

Keterangan Gambar :

Merupakan informasi kategori kerusakan.

Merupakan informasi chip kendaraan yang sedang di kerjaan di kategori pekerjaan dan tanggal sesuai yang di pilih.

Tab ini digunakan untuk memilih kategori kerusakan.

Tab ini digunakan untuk memilih group teknisi yang ada dalam dealer.

Tab ini digunakan untuk memilih tanggal.