KPI Laporan Bulanan Bengkel BP

Fitur ini digunakan Kepala Bengkel untuk menampilkan informasi mengenai KPI Laporan Bulanan Bengkel. Menu ini dapat diakses melalui Report After Sales -> Body and Paint -> KPI Laporan Bulanan Bengkel BP.

Gambar 1 – Tampilan Awal Menu KPI Laporan Bulanan Bengkel BP
Keterangan Gambar :
DealerNama dealer akan muncul secara otomatis sesuai dengan user login.
CabangNama cabang center akan muncul secara otomatis sesuai dengan user login.

Dateini berfungsi untuk menentukan pencarian rentang tanggal.

Tombol ini digunakan untuk menyimpan data laporan dalam format Excel.

Button ini berfungsi untuk menampilkan perhitungan data.

Listrik (kwh) : Jumlah penggunaan listrik bengkel (diambil dari finance).
Absorption Rate : Jumlah service revenue dikurangi service cost dibagi service dealer espenses.
Service Revenue : Jumlah total dari parts sales (internal w/s), parts sales (eksternal), oil sales, outside work/sub-let sales, accessories sales, service labour sales.
Service labour cost : (SA, Technician, foreman, partman salary) Jumlah total Service labour cost (SA, Technician, foreman, partman salary)
Service dealer expenses : Service dealer expenses
Apprentice Technician : Jumlah teknisi bengkel dengan status magang
Toyota Technician : Jumlah teknisi bengkel dengan status karyawan tetap tersertifikasi level 1 (Toyota Technician)
Pro Technician : Jumlah teknisi bengkel dengan status karyawan tetap tersertifikasi level 2 (ProTechnician)
Master Technician : Jumlah teknisi bengkel dengan status karyawan tetap tersertifikasi level 3 (MasterTechnician)
Teknisi Body Repair : Jumlah teknisi bengkel dengan status outsource di area perbaikan bodi kendaraan
Teknisi Preparation : Jumlah teknisi bengkel dengan status outsource di area perbaikan persiapan pengecatan bodi kendaraan
Teknisi Paint : Jumlah teknisi bengkel dengan status outsource di area perbaikan pengecatan bodi kendaraan

Teknisi Polishing : Jumlah teknisi bengkel dengan status outsource di area poles bodi kendaraan
Teknisi Re-Assembly : Jumlah teknisi bengkel dengan status outsource di area perbaikan pemasangan ulang bodi kendaraan
Sub Total Non Fix : Jumlah teknisi bengkel dengan status outsource di area poles bodi kendaraan
Total Teknisi BP : Jumlah total teknisi FIX dan jumlah total teknisi vendor / borongan
Toyota Foreman Training (TFT) : Jumlah foreman bengkel yang mengikuti training TFT
Non TFT : Jumlah foreman bengkel yang belum mengikuti training TFT
Total Foreman : Jumlah foreman bengkel yang mengikuti training TFT dan yang belum mengikuti training TFT
SA Entry Level : Jumlah SA bengkel yang sudah mengikuti training entry level
SA Level 1 : Jumlah SA bengkel yang sudah tersertifikasi level 1
SA Level 2 : Jumlah SA bengkel yang sudah tersertifikasi level 2
Total Service Advisor : Jumlah Seluruh SA baik SA entry level, SA level 1, maupun SA level 2

Berikut ini contoh Report KPI Laporan Bulanan Bengkel BP yang telah di eksportsetelah di klik button Export, maka akan mendowload dalam bentuk excel seperti tampilan pada Gambar 2 – Report KPI Laporan Bulanan Bengkel BP (1) dan Gambar 3 – Report KPI Laporan Bulanan Bengkel BP (2).

Gambar 2 – Report KPI Laporan Bulanan Bengkel BP (1)
Gambar 3 – Report KPI Laporan Bulanan Bengkel BP (2)
Keterangan Gambar :
Pelanggan Umum ( Cash )Unit CPUS yang masuk bengkel dengan pembayaran cash.
Pelanggan Asuransi Toyota Insurance (TI)Unit CPUS yang masuk bengkel dengan asuransi Toyota.
Pelanggan Asuransi NON Toyota InsuranceUnit CPUS yang masuk bengkel dengan asuransi selain Toyota
Warranty / TWCUnit CPUS yang masuk bengkel karena warranty.
Pekerjaan Ulangan / RTJUnit CPUS yang masuk bengkel karena ada pekerjaan berulang.
Rusak Ringan ( 1 ~ 3 Panel )Tidak ada kerusakan pada struktur, hanya sebatas kerusakan panel.
Rusak Sedang ( 3 ~ 6 Panel )Kerusakan medium pada struktur, tidak dibutuhkan pemindahan mesin atau suspensi.
  Rusak Berat ( 7 Up Panel )  Kerusakan berat pada struktur, dibutuhkan pemindahan mesin atau suspensi.
Jml pelanggan booking dari SA Cabang / SA HostJumlah customer yang datang karena booking dari cabang.
laborPendapatan bengkel dari jasa tenaga kerja.
Parts ToyotaPendapatan bengkel dari penjualan spare part Toyota.
Bahan non ToyotaPendapatan bengkel dari penjualan bahan selain Toyota.
Pekerjaan luarPendapatan bengkel dari pekerjaan luar.
Stall Body RepairStall yg digunakan untuk pekerjaan perbaikan bodi kendaraan.
Stall Preparation + MaskingStall yg digunakan untuk pekerjaan persiapan pengecatan bodi kendaraan.
Combi BoothStall yg digunakan untuk pekerjaan pengecatan bodi kendaraan.
Stall PolishingStall yg digunakan untuk pekerjaan poles bodi kendaraan.
Stall Re-AssemblyStall yg digunakan untuk pemasangan ulang bodi kendaraan.
Jam Tersedia [biasa & lembur]Jam tersedia teknisi dapat benar-benar bekerja, termasuk lembur namun dikurangi cuti, sakit, training, dll.
Jam TerpakaiJam aktual teknisi dalam mengerjakan pekerjaan, diluar waktu menunggu parts.
Jam TerjualJam terjual kepada pelanggan berdasarkan standard flat rate yang telah ditetapkan
Jumlah UNIT yang dicat ulang, disol & ditouchup (satuannya UNIT)Jumlah UNIT yang dicat ulang, disol dan ditouchup
Jumlah UNIT yang dicat (satuannya unit)Jumlah UNIT yang dicat
Jumlah PANEL yg cacat (proses ulang Re-Do paint atau polishing)Jumlah PANEL yang cacat (proses ulang Re-Do paint atau polishing)
Jumlah TOTAL PANEL yang dicatJumlah TOTAL PANEL yang dicat
Jumlah UNIT yang masih ada defect (yg harus proses ulang)Jumlah UNIT yang masih ada defect (yang harus proses ulang)
Jumlah UNIT yang dicekJumlah UNIT yang dicek
Jumlah unit yang masuk bengkel karena ada pekerjaan berulangJumlah unit yang masuk bengkel karena ada pekerjaan berulang
Jumlah Unit EntryJumlah Unit Entry
Return Job Ratio (%)Jumlah Unit pekerjaan berulang dibanding unit entry
Quality Dissatisfied Q3 (%)Jumlah pelanggan yang menjawab tidak untuk pertanyaan Q3
Jumlah WO/RO yg sesuai dengan janji penyerahanJumlah WO/RO yg sesuai dengan janji penyerahan
Jumlah WO/RO yang disertai dengan PDD fixJumlah WO/RO yg sesuai dengan janji penyerahan
Jumlah WO/RO yang selesaiJumlah WO/RO yang selesai
Jumlah WO/RO yang keluar (delivered)Jumlah WO/RO yang keluar (delivered)
On Time Delivery 1Jumlah WO/RO yg sesuai dengan janji penyerahan/ Jumlah WO/RO yg selesai
On Time Delivery 2Jumlah WO/RO yg keluar (delivered) / Jumlah WO/RO yg selesai
Delivery Timing NotificationJumlah WO/RO yang disertai dengan PDD fix / Jumlah WO/RO yg keluar (delivered)
Total Lead Time Light RepairRata-rata total leadtime perbaikan seluruh unit dengan kategori light
Total Lead Time Medium RepairRata-rata total leadtime perbaikan seluruh unit dengan kategori medium
Lead Time Produksi TPSRata-rata total leadtime perbaikan seluruh unit di lajur TPS
Gross Profit Rp.Gross profit bengkel dalam satuan rupiah
Gross Profit %Gross profit bengkel dalam satuan presentase