Boards

1.1. Special Parts Order Board

Board ini digunakan oleh Partsman, Service Advisor dan Petugas Appointment sebagai visualisasi untuk sarana komunikasi dan untuk memonitor jika ada request yang berkaitan dengan Parts Info, Menunggu pemesanan / order parts, Melihat Status dari order parts dan untuk memonitor RPP dan Parts Claim. Jika ada request dari Service Advisor maupun Petugas Appointment, maka mereka bisa memonitor statusnya di Board ini. Dan dari Partsman juga bisa melihat semua request dan status order dari masing-masing Service Advisor maupun Petugas Appointment.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Board -> Special Parts Order Board.

Gambar 1 – Special Parts Order Board

Keterangan Gambar:

  • Menunggu Parts No. Info : Merupakan kolom yang akan menampilkan chips dari kendaraan dengan status parts “Menunggu Info”
  • Menunggu Order Merupakan kolom yang akan menampilkan chips dari kendaraan dengan status sudah melakukan request parts dan belum dilakukan order parts.
  • Status Order Parts Merupakan kolom yang akan menampilkan chips dari kendaraan dengan status sudah dilakukan order parts.
  • Status RPP & Parts Claim Merupakan kolom yang akan menampilkan chips dari kendaraan dengan status menunggu hasil parts claim.

1.2. Special Parts Supply Board

Fitur board ini digunakan ini sebagai Visualisasi / monitoring yang digunakan oleh SA, Petugas Appointment, Foreman, Teknisi & Partsman sebagai sarana untuk mengetahui informasi / status dari Pre Picking & Goods Issue. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Board* -> Special Parts Supply Board.

Gambar 2 – Special Parts Supply Board

Keterangan Gambar:


Menunggu Prepicking (Appointment)
: Merupakan kolom yang akan menampilkan chips dari kendaraan booking dengan status order parts belum di lakukan proses prepacking. Adapun kondisi menunggu prepacking adalah sbb :

  • Jika ada PO Tipe SOP untuk Customer Appointment, maka data Pre Picking Customer Appointment tersebut akan muncul pada board ini.
  • Data yang muncul hanya yang H-1 dan H saja.

Chip kendaraan yang akan hilang dari Board jika memiliki kondisi :

  • Pre Picking sudah selesai dikerjakan oleh partsman.
  • Ketika ternyata data belum di pre picking tetapi customer sudah datang dan sudah buat WO.
  • Jika ada appointment yang batal datang.

Menunggu Issuing : Merupakan kolom yang akan menampilkan chips dari kendaraan dengan status order parts belum dilakukan proses GI. Pada kategori board Menunggu Issuing menampilkan data-data kendaraan yang memiliki kondisi :

  • Data yang muncul di kategori board menunggu issuing ini adalah Customer Appointment yang sudah ter-create WO nya dan part sudah datang. jadi posisinya adalah menunggu part diambil oleh teknisi.
  • Data yang muncul disini khusus Appointment yang mempunyai order PO SOP.
  • Data diurutkan berdasarkan tanggal request terlama.

Data akan hilang ketika sudah selesai Issuing parts-nya dalam arti status = Completed Issuing.

Tombol Filter, Digunakan untuk menampilkan data berdasarkan kata yang diinputan.

Tombol Hapus Filter, Digunakan untuk menghapus kata inputan pada textfield untuk filter.

Drop Down Status Category, Digunakan untuk menampilkan berdasarkan kategori yang tersedia.

1.3. JPCB View BP

JPCB (Job Progress Control Board) view adalah board yang menunjukkan target dari masing masing proses. Board ini digunakan oleh group head dan para teknisi di group yang bersangkutan. Apabila TPS dan Light, maka board menampilkan target per hari. Apabila medium, maka board menampilkan target per minggu. Apabila heavy, maka board menampilkan target per dua minggu.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Boards -> JPCB View

Gambar 3 – JPCB View BP

1.4 SA Capacity Board

Pada modul ini Boards dapat melihat jadwal apa saja yang harus dilakukan pada hari itu. Data-data ini bersumber dari appointment maupun janji penyerahan yang sudah dibuat pada saat proses pembuatan WO.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Boards -> Capacity Board.

Gambar 4 – SA Capacity Board

1.5. Satelite Monitoring Board

Modul ini digunakan oleh Boards untuk melihat status progres dari pengerjaan kendaraan yang diambil dari bengkel BP satelit untuk dibawa ke bengkel BP center. SA dapat melihat status progress dari tiap tiap kendaraan yang berasal dari BP Satelit dan sudah diindikasikan asal cabangnya pada setiap chip di screen.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Boards -> Satelite Monitoring Board.

Gambar 5 – Satelite Monitoring Board

Keterangan Gambar:

  • Satelite – Ready For Pickup : Merupakan area yang akan menampilkan chips dari kendaraan yang sudah dilakukan pembuatan BSTK dan siap dikirimkan ke Center.
  • Satelite – Waiting For Delivery : Merupakan area yang kan menampilkan chips dari kendaraan dengan status sudah selesai service BP dan siap di serah terimakan ke customer.
  • Center – Waiting For Reception : Merupakan area yang akan menampilkan chips dari kendaraan yang sudah dikirimkan dari bengke satellite dan sudah masuk dibengkel center tapi belum ditangani oleh SA BP Center.
  • Center – Ready For Delivery : Merupakan area yang akan menampilkan chips dari kendaraan yang sudah selesai perbaikan di BP Center dan siap dikirimkan ke bengkel satellite.

1.6. Customer Status BP

Menu ini digunakan oleh customer untuk melihat status pengerjaan kendaraan mereka, serta jam janji penyerahan dan juga semua informasi terkait dengan status pengerjaan. Di Menu ini juga dapat dilihat siapa SA yang bertanggung jawab atas kendaraan tersebut. Board ini terdapat di ruang tunggu customer.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Boards -> Customer Status BP.

Gambar 6 – Customer Status BP

Keterangan Gambar:

  • Tunggu Produksi : Akan menampilkan status ketika sudah job dispatch tetapi belum memulai produksi.
  • Produksi : Menampilkan status ketika sudah mulai produksi dimulai dari Clock On production sampai mulai Final Inspection.
  • Final Inspeksi : Menampilkan status ketika Foreman mengakses tab FI hingga menyimpan FI.
  • Dokumen : Menampilkan status ketika Foreman menyimpan hasil FI hingga proses washing selesai.
  • Siap Diserahkan : Status ketika proses billing dan washing selesai hingga proses service explanation selesai.

1.7. Queue Board BP

Pada board ini, Pelanggan dapat melihat antrian mereka, serta nomor counter dan juga nama SA yang sedang melayani pelanggan. List ini merupakan pembagian dari Security Gate dengan ketentuan sbb :

  • Book On Time merupakan list customer yang telah melakukan booking dan dinilai on time (bergantung dari setting parameter).
  • List booking adalah customer yang telah melakukan booking dan diluar dari range on time.
  • EM On Time merupakan customer yang telah melakukan booking stall EM dan telah masuk range on time.
  • List EM adalah list customer yang telah melakukan booking EM tapi diluar dari range on time.
  • List Walk In adalah list customer yang datang tanpa booking sama sekali.
  • List Others adalah list yang berisi customer yang melakukan walk in dari button Others pada Security Gate.

Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Boards -> Queue Board GR.

Gambar 7 – Queue Board BP

Keterangan Gambar:

  • Penerimaan : Merupakan tampilan layar antrian yang berisi nomor polisi dari kendaraan yang sudah masuk ke bengkel (Gate In). Proses penerimaan dibagi menjadi beberapa kategori, antra lain :
    • Booking : akan menampilkan nomor kendaraan yang masuk melalui proses booking.
    • Walk In : akan menampilkan nomor kendaraan yang masuk melalui proses walk in.
    • Other : akan menampilkan nomor kendaraan yang masuk melalui gate in “Other”.
  • Pengambilan : Merupakan tampilan layar antrian untuk kendaraan yang sudah selesai pekerjaan dan siap proses delivery.
  • Counter : Merupakan daftar counter SA dimana akan menampilkan informasi counter SA berapa sedang menangani customer dengan kendaraan dengan nomor berapa.

1.8. Irregular Board BP

Modul ini digunakan untuk melihat ketidak-wajaran (Irregularity) yang terjadi pada seluruh proses yang dilalui oleh kendaraan pelanggan. Menu ini dapat diakses melalui After Sales -> Boards -> Irregularity Board BP.

Gambar 8 – Irregularity Board BP ( 1 )

Keterangan Gambar:

  • Waiting Insurance Approval : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan dengan status masih menunggu approval pengerjaan dari pihak asuransi. (Notes : sampai saat dokumen ini dibuat, kolom tersebut belum difungsikan karena belum ada integrasi dengan asuransi)
  • Waiting For Reception : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan yang sudah ada di bengkel (Gate In) akan tetapi belum terlayani oleh SA.
  • Waiting For Dispatch : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan dengan status sudah release WO akan tetapi belum dilakukan proses Job Dispatch oleh PTM
  • Waiting For Production : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan dengan status sudah Job Dispatch akan tetapi belum mulai dilakukan pengerjaannya (belum Clock-ON).
  • Waiting For Final Inspection : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan dengan status sudah selesai dikerjakan akan tetapi belum dilakukan proses final inspection.
  • Waiting For TECO : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan dengan status sudah final inspection dan belum dilakukan TECO.
  • Waiting For Delivery : Merupakan kolom yang akan menampung chips dari kendaraan dengan status sudah selesai TECO dan menunggu proses delivery (Call customer dan Service Explanation).