Parameter Sales Billing

Gambar 27 – Parameter Sales Billing

Keterangan Gambar :

Merupakan pilihan Data Sales Order yang ditampilkan berdasarkan data yang sudah billing atau belum billing.
. Outstanding Sales Order (Belum sales billing): akan menampilkan data Sales order yang belum billing.
. Sales Order (Sudah sales billing): akan menampilkan data Sales order yang sudah billing.
Merupakan pilihan parameter untuk setting range tanggal sales billing.
Merupakan parameter rentang tanggal yang harus diisi jika memilih pencarian berdasarkan tanggal WO.
Merupakan kolom yang harus input no kode unik sales order.
Merupakan kolom yang harus input nama bengkel.
Merupakan kolom yang harus input nama customer.
Merupakan tombol yang dapat di gunakan untuk menghapus hasil yang sudah diinput dan ingin melakukan pencarian ulang.
Merupakan tombol yang dapat digunakan untuk memulai proses pencarian berdasarkan parameter yang sudah dinput sebelumnya.    

1.4.1. Sales Billing

Menu ini digunakan oleh petugas untuk membuat tagihan atau billing berdasarkan transaksi Sales Order. Ketika buka menu ini, maka default-nya sudah ter-filter berdasarkan filter ‘Data Sales Order yang ditampilkan’ = ‘Outstanding Sales Order (Belum Sales Billing)’ dimana akan muncul list Sales Order yang belum dibuatkan Sales Billing-nya.

Berdasarkan data Sales Order ini, maka user bisa memilih data Sales Order mana yang ingin dibuatkan Sales Billing-nya. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Direct Parts Sales -> Sales Billing.

Gambar 28 – Sales Billing (Belum Sales Billing)

Keterangan Gambar :

Sales Belum BillingMerupakan daftar sales billing yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar WO tersebut terdiri dari kolom sbb :
. No. Sales Billing : kode unik no sales billing.
. No. Sales Order : kode unik no sales order.
. Tgl. Sales Order : tanggal di buat nya sales order.
. Bengkel : nama bengkel di buat nya sales order.
. Pelanggan : nama customer sales order.  

Jika petugas ingin membuatkan billing maka klik tombol Buat Sales Billing Barus, maka akan otomatis ke halaman billing baru. Setelah melengkapi field kemudian klik Simpan.

Gambar 29 – Billing Baru

Keterangan Gambar :

Menampilkan kode unik sales order.
Menampilkan data tanggal di buat nya sales order.
Menampilkan data pelanggan sales order.
Menampilkan No Telepon pelanggan.
Menampilkan metode pembayaran sesuai hasil input sales order.
Menampilkan jangka waktu bayar sesuai hasil input sales order.
Menampilkan data no sales billing kosong karena belum terbuat sales billing.
Menampilkan data sales billing sesuai tanggal akan di buat kan nya sales billing
Menampilkan data status sales billing kosong karena belum terbuat sales billing.
Menampilkan hasil kalkulasi sales order dan sudah dengan PPN
Menampilkan hasil kalkulasi PPN untuk semua item parts sales order.
Gambar 30 – Billing Baru

Keterangan Gambar :

Buat Sales Billing

Merupakan daftar buat sales billing yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar sales billing tersebut terdiri dari kolom sbb :

  • No material : Nomor material Parts.
  • Nama material : Nama material Parts.
  • Qty Sales billing : menampilkan kuantitas material saat pembuatan Sales billing.
  • Satuan : berasal dari master satuan.
  • Harga Satuan : Diambil dari master Harga Material.
  • Diskon Material : Merupakan hasil dari master diskon material.
  • Diskon Group Material : Merupakan hasil diskon dari SCC
  • Diskon Special : Merupakan custom diskon.
  • PPN : merupakan hasil kalkulasi PPN untuk item sales order.
  • Harga Total : merupakan hasil kalkulasi total harga untuk item sales order.

Petugas juga bisa melihat data- data yang sudah dibuatkan Sales Billing-nya, dengan cara memilih filter ‘Data Sales Order yang ditampilkan’ = ‘Sales Order (Sudah Sales Billing)’. Selain itu juga ada tombol Buat Permohonan Batal Billing untuk membatalkan billing sudah dibuat.

Gambar 31 – Sales Billing (Sudah Sales Billing)

Keterangan Gambar :

Sudah Sales Billing

Merupakan daftar sales billing yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar WO tersebut terdiri dari kolom sbb :

  • No. Sales Billing : kode unik no sales billing.
  • No. Sales Order : kode unik no sales order.
  • Tgl. Sales Order : tanggal di buat nya sales order.
  • Bengkel : nama bengkel di buat nya sales order.
  • Pelanggan : nama customer sales order.
  • Status sales billing : Status sales billing yaitu Created dan Cancelled
  • No. batal sales billing : no kode unik untuk batal sales billing.
  • Status batal sales billing : Status batal sales billing yaitu Aju batal Billing, Rejected dan Approved
Tombol ini di gunakan untuk proses pengajuian batal sales billing yang akan di approve oleh kepala bengkel.

Untuk melihat detail sales billing bisa dengan klik action Lihat. Semua detail data sales billing akan muncul meliputi data No. Sales Order, Tanggal Sales Order, Customer Code, Nama Customer, No. Sales Billing, Tanggal Sales Billing, Status Sales Billing, Nama Material, Diskon, dan Harga.

Gambar 32 – Detail Sales Billing

Keterangan Gambar :

Menampilkan kode unik sales order.
Menampilkan data tanggal di buat nya sales order.
Menampilkan data pelanggan sales order.
Menampilkan No Telepon pelanggan.
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3589.png
Menampilkan metode pembayaran sesuai hasil input sales order.
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3590.png
Menampilkan jangka waktu bayar sesuai hasil input sales order.
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3591.png
Menampilkan data no sales billing kosong karena belum terbuat sales billing.
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3592.png
Menampilkan data sales billing sesuai tanggal akan di buat kan nya sales billing
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3593.png
Menampilkan data status sales billing kosong karena belum terbuat sales billing.
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3594.png
Menampilkan hasil kalkulasi sales order dan sudah dengan PPN
This image has an empty alt attribute; its file name is image-3595.png
Menampilkan hasil kalkulasi PPN untuk semua item parts sales order.
Daftar Detail Sudah Billing

Merupakan daftar buat sales billing yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar sales billing tersebut terdiri dari kolom sbb :

• No material : Nomor material Parts.

• Nama material : Nama material Parts.

• Qty Sales billing : menampilkan kuantitas material saat pembuatan Sales billing.

• Satuan : berasal dari master satuan.

• Harga Satuan : Diambil dari master Harga Material.

• Diskon Material : Merupakan hasil dari master diskon material.

• Diskon Group Material : Merupakan hasil diskon dari SCC

• Diskon Special : Merupakan custom diskon.

• PPN : merupakan hasil kalkulasi PPN untuk item sales order.

• Harga Total : merupakan hasil kalkulasi total harga untuk item sales order.

1.4.2. Parameter Parts Inquiry

Gambar 33 – Parts Inquiry

Keterangan Gambar :

Merupakan kolom yang harus di input kode parts dan bisa lebih dari satu parts atau lebih.
Merupakan tombol yang dapat di gunakan untuk menghapus hasil yang sudah diinput dan ingin melakukan pencarian ulang.
Merupakan tombol yang dapat digunakan untuk memulai proses pencarian berdasarkan parameter yang sudah dinput sebelumnya.

1.4.2.1. Parts Inquiry

Menu ini digunakan oleh petugas untuk inquiry data informasi detail part beserta ketersedian stock pada TAM SPLD (TPOS). Petugas bisa melakukan inquiry dengan cara menginput nomor parts yang bersangkutan. Menu ini dapat diakses melalui Parts -> Inquiry -> Parts Inquiry.

Gambar 34 – Parts Inquiry

Keterangan Gambar :

Parts Inquiry

Merupakan daftar parts Inquiry yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar Inquiry tersebut terdiri dari kolom sbb :

  • No. Part : Nomor material Parts.
  • Nama Parts : Nama material parts.
  • Substitusi
  • CD (New) : Subtitusi CD baru
  • PNO (New) : Subtitusi PNO baru
  • CD (Old) : Subtitusi CD lama
  • On Hand : Total kuantitas material yang ada digudang
  • Harga Retail : merupakan harga jual parts
  • Measurement
  • H : Ukuran dimensi tingg
  • W : Ukuran dimensi lebar
  • L : Ukuran dimensi Panjang Special CD
  • Stop Penjualan : data Stop penjualan

Dengan mengisi filed nomor parts kemudian klik tombol Search, maka akan menampilkan informasi data No. Part, Nama Part, Substitusi, Harga Retail, Measurement, dan Stop Penjualan.

1.4.3. Parameter Order Status Inquiry

Gambar 35 – Parameter Order Status Inquiry

Keterangan Gambar :

Merupakan kolom yang perlu di input tanggal saat purchase order.
Merupakan kolom yang perlu di input no Purchase order.
Merupakan kolom yang di input type order sesuai saat pembuatan PO.
Merupakan kolom yang harus di input kode unik material parts.
Merupakan tombol yang dapat di gunakan untuk menghapus hasil yang sudah diinput dan ingin melakukan pencarian ulang.
Merupakan tombol yang dapat digunakan untuk memulai proses pencarian berdasarkan parameter yang sudah dinput sebelumnya.  

1.4.4. Order Status Inquiry

Menu ini digunakan oleh partsman untuk inquiry data informasi PO yang sudah dibuat dan dikirimkan ke TAM SPLD (TPOS). Parts -> Inquiry -> Order Status Inquiry.

Gambar 36 – Order Status Inquiry

Keterangan Gambar :

Parts Inquiry

Merupakan daftar parts Inquiry yang tampil berdasarkan parameter yang dipilih sebelumnya. Daftar Inquiry tersebut terdiri dari kolom sbb :

  • No. PO : Kode unik no purchase order.
  • Tanggal PO : tanggal di buat nya purchase order.
  • TAM Ref : TAM Reference.
  • No. Part : Nomor material Parts.
  • Process No. Part : Nomor proses part.
  • Qty PO : Jumlah Purchase Order.
  • Process : Jumlah Proses.
  • Reject : Jumlah ditolak.
  • Pending BO
  • Qty Pending : Jumlah Pending BO.
  • Qty BO : Jumlah BO.
  • Issue To Shipping
  • Qty Issue :  Jumlah Issue.
  • Qty Pack : Jumlah Pack.
  • Qty Invoice : Jumlah Invoice.
  • Qty Cancel : Jumlah batal.
  • Qty Deniel : Jumlah denial.